PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MAN 3 CIREBON

Aji Jaelani, Dede Yusnandar, Evi Roviati, M Rizky Hidayat

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsiksn pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 & 2 MAN 3 CIREBON, dengan MIPA 1 Sebagai Kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran think pair share, sedangkan kelas MIPA 2 kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional penelitian terdiri dari variabel bebas, variabel terikat, dan variabel moderator. Dari hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa skor kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada Mata pelajaran klasifikasi makhluk hidup yaitu pada kelas MIPA 1 memiliki nilai rata-rata 75,00 dan kelas MIPA 2 memiliki nilai rata-rata 64,18. Model pembelajaran Think Pair Share ini efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi dibandingkan dengan metode-metode konvensional seperti ceramah karena didalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran.

Abstract. This study aims to describe the effect of the Think Pair Share learning model on students' critical thinking skills. This research is quasi-experimental research with Posttest Only Control Group Design. The population in this study were all students of class XI MIPA 1 & 2 MAN 3 CIREBON, with MIPA 1 as the experimental class with 33 students receiving treatment with the think pair share learning model, while the MIPA class 2 control group with 33 students received treatment with conventional learning research models consisting of independent variables, dependent variables, and moderator variables. From the calculation results, it can be concluded that the score of students' critical thinking skills by applying the Think Pair Share learning model about classification of living things, namely the MIPA 1 class has an average value of 75.00 and the MIPA 2 class has an average value of 64.18. Think Pair Share learning model is effective to be applied in biology learning compared to conventional methods such as lectures because in this learning model students are required to be active in learning.


Keywords


think pair share; learning achievement; critical thinking skills.

Full Text:

PDF

References


Arianti, P. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Badan Standar Pendidikan Nasional.

Johnson, E.B. 2007. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center.

Joyce B., Weil M., and Calhoun E. 2009. Models of Teaching : Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lie, A. (2005). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sadia, I W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha. No. 2, Th. XXXX, April 2009. ISSN 0215-8250. 219-238.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Slavin, E.R. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Jilid 2. Jakarta : Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i2p131-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats