PENGEMBANGAN E-BOOK BERORIENTASI HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP BERKARAKTER KONSERVASI DI KELAS VI SD

Citra Ningrum Yasin, Abubakar Sidik Katili, Chairunnisah J Lamangantjo

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kevalidan e-book berorientasi HOTS pada materi Selamatkan Makhluk Hidup berkarakter konservasi di kelas VI SD, (2) Untuk mengetahui kepraktisan e-book berorientasi HOTS pada materi Selamatkan Makhluk Hidup berkarakter konservasi di kelas VI SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D (4D). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SD Negeri 6 Kabila Bone dan SD Negeri 1 Ponelo tahun ajaran 2020/2021. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan respon berupa angket, teknis analisisnya menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-book berorientasi HOTS yang dihasilkan memenenuhi standar kelayakan, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli materi yang memperoleh persentase tiap aspek yaitu 96%, 97.5%, 90%, dan 100% dengan kriteria sangat baik dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase tiap aspek yaitu 96,67%, 100%, 100%, dan 93.3% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, standar kelayakan dari e-book berorientasi HOTS ini diperkuat dari hasil uji coba produk kepada guru dan peserta didik yang memberikan respon positif terhadap e-book berorientasi HOTS ini. Dengan demikian e-book berorientasi HOTS pada pembelajaran IPA materi Selamatkan Makhluk Hidup berkarakter konservasi di kelas VI SD ini layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Abstract. this study aims to: (1) determine the validity of the HOTS-oriented e-book on the material of Save Living Creatures with conservation characteristics in sixth-grade students of elementary school, and (2) determine the practicality of the HOTS-oriented e-book on the material of Save Living Creatures with conservation characteristics in sixth-grade students of elementary school. This research utilized development research with the Four-D (4D) development model. The subjects of this study were students of the sixth- grade class of SDN 6 Kabila Bone and SDN 1 Ponelo in the academic year of 2020/2021. The data collection instrument utilized a validation sheet, and the response was in the form of a questionnaire, then the technical analysis adopted a Likert scale. The findings indicated that the HOTS- oriented e-book fulfis the eligibility standards. It is proven by the results of material expert validation which obtained the percentage of each aspect of 96%, 97.5%, 90%, and 100% with excellent criteria. Besides, the results of media expert validation obtained the percentage of each aspect that is 96.67%, 100%, 100%, and 93.3%, which is also in excellent criteria. In addition, the feasibility standard of this HOTS-oriented e-book was strengthened by the results of product trials for teachers and students who gave a positive response to this HOTS-oriented e-book. Thus, the HOTS- oriented e-book on science learning in material of Save Living Creatures with conservation characteristics in class VI SD is feasible and usable in the learning.


Keywords


E-Book; HOTS (High Order Thinking Skill); IPA

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, Putri., Soegimin W. W., A. Imam Supardi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol 4 No. 2 mei.

Aditama Rizki, Setyo Admoko. 2016. Pengembangan Buku Ajar IPA Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan Untuk Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. (JIPF. Vol. 05 No. 02).

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munandar Aris dan Rizki Swaditya. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 8 No. 1.

McDevitt, T.M. (2010). Child Development and Education. Upper Saddle River: Merrill.

Millah Elina Lukas Suhendra Budipramana, Isnawati. 2012. Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi Di Kelas XII SMA Ipiema Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, Dan Masyarakat (Seta). Jurnal Bioedu Pendidikan Biologi. Vol. 1 No. 1

Nusantari, E., Utina, R., Katili, D., Tamu, Y., & Damopolii, I. 2020. Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Menuju Karakter Ramah Lingkungan Siswa di Wilayah Pesisir. Jurnal Internasional Pengajaran. Vol. 13. No. 3.

Novianti Desti Ayu, Joni Susilowibowo. 2015. Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 Di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan. Volume 03 Nomor 01.

OECD. 2010. PISA 2009 Results: what students know and can do. Paris: OECD.

OECD. 2014. PISA 2012 Results in focus what is years old know and what they can do with they know. Paris: OECD.

OECD.2016. PISA 2015 Assasment and analytical framewornk: Science, reading, mathematic, and financial literacy PISA. Paris: OECD.

Perdana, Dian Mahendra Bromantya. 2013. “Pengembangan Buku Digital Interaktif (Budin) Berbasis Adobe Creative Suite Pada Materi Genetika di SMK”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Permatasari Elma Ayu. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Pembelajaran Biologi di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Jember

Prasetiyo, Nugroho Aji., Pertiwi Perwiraningtyas. 2017. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Volume 3 Nomor 1. Hal 19-27.

Restiyowati Illa, Sanjaya Made I Gusti. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Jurnal UNESA Journal Of Chemical Edication. Vol 1 No. 1. PP 130-135. Surabaya: UNESA

Rachman M. 2012. Konservasi Nilai dan Warisan Budaya. Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial. 1(1): 30-39.

Rahardini, RRB, Suryadarma, IG, & Wilujeng, I. (2017). Pengaruh pembelajaran IPA yang diintegrasikan dengan potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Prosiding Konferensi AIP, 1868, 080008.

Somakim., Andi S., Kodri M., dan Taufiq. 2016. Developing Teaching Materials PISA-based for Mathematics and Science of Junior High School. Journal of Education and pratice, 7(13): 73-77.

Swaditya Rizki. 2016. Dalam Mardiah Siti. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bebasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Pada Kelas VII. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung

Yazid, Khairul. 2016. Validitas Buku Saku Materi Ekologi Untuk Siswa Kelas X SMA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i2p171-181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats