PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN LINKTREE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI SISWA MAN 2 MAJALENGKA

Qurratul' Aini, Evi Roviati, Dede Cahyati Sahrir

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa menggunakan model discovery learning dengan media linktree pada materi sistem reproduksi manusia. Metode yang digunakan adalah eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data penelitian dianalisis dari hasil keterlaksanaan penerapan pembelajaran, lembar tes berpikir kreatif, lembar observasi komunikasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media linktree pada materi sistem reproduksi sebesar 71% termasuk kriteria baik. Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas yang menerapkan model discovery learning dengan media linktree. Nilai Sig. α sebesar 0,019 dan 0,02 < 0,05, artinya terdapat perbedaan peningkatan signifikan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa. Keterampilan komunikasi siswa setiap pertemuannya meningkat dengan perolehan persentase keseluruhan 58,48% dengan kategori baik. Respon siswa sebesar 82,83% dengan kategori sangat kuat.

Abstract. This study aims to determine the improvement of students' creative thinking and communication skills using the discovery learning model with linktree media on the material of the human reproductive system. The method used is an experiment through a quantitative approach with data collection techniques of observation, tests, and surveys. Sampling was done by random sampling technique. Research data were analyzed from the results of the implementation of learning, creative thinking test sheets, communication observation sheets, and student response questionnaires. The results showed that the application of the discovery learning model with linktree media on the reproductive system material was 71% including good criteria. There is a significant difference in students' creative thinking skills in classes that apply the discovery learning model with linktree media. Value of Sig. of 0.019 and 0.02 <0.05, meaning that there is a significant difference in the improvement of students' creative thinking and communication skills. The students' communication skills each meeting increased with the overall percentage gain of 58.48% in the good category. The student response was 82.83% with a very strong category.

Keywords


Discovery learning; Linktree; Creative Thinking Skills; Communication Skills

Full Text:

PDF

References


Alzoubi, A., Al Qudah, M., Albursan, I., Bakhiet, S., & Abduljabbar, A. (2016). The effect of Creative Thinking Education in Enhancing Creative Self-Efficacy and Cognitive Motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117.

Binkley, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., & Rumble, M. (2010). Defining 21st century skills. Draft paper. Assessment & Teaching of 21st century skills. Definiting Inclode for Future, 02 january, 50.

Buyung. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model PBL dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 35.

Fadly, W., & Mubarok, F.A. (2014). Kajian Teoritis Model Productive: Suatu Model Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek yang dikembangkan Melalui Kegiatan Komunikatif. Seminar Nasional Pendidikan Sains IV.

Imani, M. N., Oktaviyanti, R., & Romdhoni, V. A. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Linktree dan Evaluasi Quizizz pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 222-231.

Kemendikbud. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Maridi, Suciati, & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2).

Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. (2017). The Effect Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(6).

Mayub, A., Suryani, E., & Farid, M. (2020). Implementation of Discovery Learning Model Based on Calor Characteristic Bricks Mixed by (Durio zibethinus) and Coconut (Cocos nucifera) skin to Improve Student’ Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 287-293.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). ISSN: 2239-2253.

Roza, N., Arnawa, I. M., & Yerizon. (2018). Practicality of Mathematics Learning Tools based on Discovery Learning for Topic Sequence and Series. International Journal of Scientific &

Technology Research, 7(5), 236-241.

Satrio, Y. (2020). LKP: Rancang bangun Aplikasi tautan GNFI Berbasis Website pada Perusahaan Good News from Indonesia. Doctoral dissertation: Universitas Dinamika.

Wijaya, E., Sudjimat, D., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 263-278.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v14i1p66-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats