PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENTOMOLOGI AWETAN SERANGGA BERBASIS RESIN POLYESTER

Arman Adrian Maulana, Denia Rista Damayanti, Fryan Krisnaya Gumilang, Auliya Fatihatuz Zanuba, Dita Megasari

Abstract


Abstrak. Pembelajaran entomologi yang dilaksanakan di sekolah menengah maupun perguruan tinggi menggunakan spesimen serangga sebagai objek atau media pembelajaran. teknik pengawetan yang jamak digunakan tidak dapat menjamin spesimen serangga bertahan lama. Hal tersebut berdampak pada visualiasi spesimen yang terkadang mengalami perubahan, seperti perubahan ukuran dan warna. Hal tersebut berakibat pada kurangnya kecakapan mahasiswa ketika dihadapkan pada permasalahan di lapangan. Penelitian dilaksanakan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur pada bulan Juni 2024 – Oktober 2024. Penelitian desain pendidikan dimulai dengan pembuatan awetan serangga berbasis resin, penilaian kualitas awetan menggunakan skala likert, dan validasi ahli. peningkatan konsentrasi katalis tidak menyebabkan pengaruh terhadap kualitas spesimen secara kumulatif. Validasi ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran awetan serangga berbasis resin tergolong sangat layak dengan persentase 91,4% dan 95%.

Abstract. Entomology learning carried out in high schools and universities uses insect specimens as objects or learning media. Commonly used preservation techniques cannot guarantee that insect specimens will last long. This has an impact on the visualization of specimens, which sometimes change, such as changes in size and color. This results in a lack of student skills when faced with problems in the field. The research was conducted at the National Development University "Veteran" East Java in June 2024 - October 2024. Educational design research began with the manufacture of resin-based insect preservation, assessment of the quality of preservation using a Likert scale, and expert validation. Increasing the concentration of catalyst did not affect the cumulative quality of the specimen. Validation by material experts and media experts showed that the development of resin- based insect preservation learning media was classified as very feasible with a percentage of 91.4% and 95%.

Keywords


Awetan Serangga; Resin; Entomologi; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Asmara, A., Fitri, A., & Suparman, T. (2022). Media Pembelajaran: Pemanfaatan Bioplastik untuk Pembelajaran Dalam Jaringan pada Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 1614-1621. E-ISSN: 2798-2580

Barling, N., Martill, D. M., & Gallien, F. (2019). The resin transfer technique: An application to insect fossils in laminated limestones of the Crato Formation (Lower Cretaceous) of north-east Brazil. Cretaceous Research, 98, 179-188. https://doi.org/10.1016/j.cretres.2019.02.009

Bejcek, J. R., Curtis-Robles, R., Riley, M., Brundage, A., Hamer, S. A., & Hamer, G. L. (2018). Clear resin casting of arthropods of medical importance for use in educational and outreach activities. Journal of Insect Science, 18(2), 34. https://doi.org/10.1093/jisesa/iey030

Dale, V., Tasler, N., & Sánchez-Jáuregui, L. (2022). Object-based learning: active learning through enquiry - 100 Ideas for Active Learning. University of Sussex. https://doi.org/10.20919/OPXR1032/69

Ghazwan, M. I. (2023, December). Preserving Stained Fish Specimens in Resin Epoxy. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1262, No. 7, p. 072051). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1262/7/072051

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan penggunaan media powerpoint dan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD. Jurnal Tematik, 9(1), 19-27. http://dx.doi.org/10.24114/jt.v9i1.12859

Handayani, T. L., Retnoningsih, A., & Herlina, L. (2013). Efektivitas Group Investigation Ditunjang Penugasan Awetan Bioplastik Terhadap Hasil Belajar dan Minat Wirausaha. Journal of Biology Education, 2(1), 73-81. https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2617

Kalshoven, L. G. E. (1981). Pests of crops in Indonesia. van der Laan, PA (trans. and ed.) PT Ichtiar Baru-Van Hoeve, Jakarta. Translation of: De plagen van de cultuurgewassen in Indonesie.

Lestari, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Spesimen Vertebrata Dan Invertebrata Untuk SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 36-42. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4005

Lestari, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Spesimen Vertebrata Dan Invertebrata Untuk SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 36-42. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4005

Lumowa, S. V. T., & Purwati, S. (2022). Entomologi. Media Nusa Creative (MNC Publishing). ISBN: 9786024628239

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255. ISSN: 2685-9610

Nurita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Oliveira, A., Spinola, V., Garrido, D., Teixeira, M. M., Salles, C., & Haddad, A. E. (2023). Influence of learning styles on student performance in self-instructional courses. Plos one, 18(7),e0289036. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0289036

Pratami, S., Maretha, D. E., & Wicaksono, A. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran Awetan Spesimen dalam Blok Resin Makrozoobentos pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA/MA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 5, No. 1, pp. 265-274). ISSN: 2988-0033

Reza, S.P.K., Fatmawati, U., & Oetomo, D. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual pada Materi Limbah untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 14(2), 112-124. http://dx.doi.org/10.17977/um052v14i2p112-124

Rohmah, D. A., Utami, S., & Primiani, C. N. (2020, December). Penyusunan Ensiklopedia Dan Media Katalase Resin Berbasis Identifikasi Keanekaragaman Arthropoda Tanah Di Kawasan Alas Kucur Kabupaten Ponorogo Sebagai Sumber Belajar SMA Kelas X. In Prosiding Seminar Nasional Simbiosis (Vol. 5). e-ISSN : 9772613950003

Schauff, M. E. (Ed.). (2001). Collecting and preserving insects and mites: techniques and tools. National Museum of Natural History

Suryana, S., & Putra, R.E. (2019). Optimasi Formulasi Resin-Katalis dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bioplastik Tumbuhan Thallus. KANDAGA, 1(2), 46-55. E-ISSN: 2686-2263

Syah, M. N. F., & Hidayatullah, R. S. (2023). Pengaruh Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Generasi Z Siswa Kejuruan. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(2), 78-82. https://doi.org/10.26740/jptm.v12n2

Yu, T. L. (1996). Glass transition temperature profile of the curing reaction of unsaturated polyester resin. Polymer journal, 28(11), 965-969. ISSN: 1349-0540




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v16i1p38-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats