PEMANTAPAN MATERI PLANTAE BAGI GURU SMA LAB UM DAN MGMP SE-MALANG RAYA

Sunarmi Sunarmi, Murni Sapta Sari, Eko Sri Sulasmi, Sulisetijono Sulisetijono

Abstract


Pembelajaran abad 21 diharapkan menghasilkan generasi yang produktif, kreatif, inovatif, dan mandiri. Permasalahan yang ditemukan di kelompok sasaran adalah guru mengalami kesulitan dalam memahami KD tentang materi Plantae, mengembangkan perangkat pembelajaran materi Plantae, serta menentukan metode dan media pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi, mengembangkan perangkat pembelajaran, serta menentukan metode dan media pembelajaran materi Plantae. Metode yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dan workshop. Luaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah perangkat pembelajaran materi Plantae meliputi RPP, LKS, instrumen penilaian, bahan ajar, kunci identifikasi, dan foto herbarium basah dan kering. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil pelatihan dan workshop yang telah diujicobakan oleh guru kepada siswa dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Keywords


pengabdian masyarakat, materi plantae, perangkat pembelajaran, MGMP se-Malang Raya

Full Text:

PDF

References


Anam, K. (2015). Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Heyne, K. (1987). Tumbuhan Berguna Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Jakarta.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2000). Models of Teaching (6th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Llewellyn, D. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation Corwin.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Setyowati, F.M, dkk. (2005). Keanekaragaman dan Pemanfaatan Tumbuhan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Timur. Jurnal Botani Puslit Biologi-LIPI.

Sulistiana, O., I Wayan, D., & Srini, M. I. (2010). Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,17(1), 82-88.

Sadeh & Michal Zion. (2012). Which Type of Inquiry Project Do High School Biology Students Prefer: Open or Guided?. Inquiry Pu Sci Educ, 42, 831–848. DOI 10.1007/s11165-011-9222-9

Wenning, Carl J. (2005). Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. J. Phys. Tchr. Educ. Online , 2(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v10i2p51-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats