META ANALISIS: BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI, KIMIA, FISIKA DAN MATEMATIKA DI INDONESIA

Elok Dyah Pitaloka, Slamet Suyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kefektifan blended learning pada pembelajaran biologi, fisika dan kimia di Indonesia. Keefektifan Keefektifan tersebut diteliti dari hasil beberapa penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan meta analisis yaitu mengkaji sejumlah jurnal penelitian dalam masalah sejenis yang diambil secara purposive berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Kajian jurnal yang digunakan berasal dari basis data google scholar sebanyak 35 jurnal dalam kisaran enam tahun terakhir (2018-2012). Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari meta analisis ini menunjukan bahwa penelitian blended learning banyak dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau efektifitas 65.71%, desain yang paling banyak digunakan yaitu quasi eksperimen 62.86%, analisis data yang paling banyak digunakan yaitu uji t sebesar 34.21%, penelitian blended learning efektif terhadap pembelajaran biologi, fisika, dan kimia untuk meningkatkan hasil belajar sebesar 48.15%, respon peserta didik sebesar 11.11%, motivasi belajar sebesar 7.41% , aktivitas peserta didik sebesar 7.41% dan berfikir kritis peserta didik sebesar 7.41%, karena dari hasil meta analisis hasil belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar termasuk tiga presentasi terbesar dari 35 jurnal penelitian yang telah dikaji.

Keywords


meta analisis, blended learning, keefektifan blended learning

Full Text:

PDF

References


Adi, W. C., Suwono, H., & Suarsini, E. 2017. Pengaruh guided inquiry-blended learning terhadap literasi sains mahasiswa biologi. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1369–1376.

Arifin, F., & Herman, T. 2018. Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Daulay, U. A., Syarifuddin, & Manurung, B. 2016. Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 260–266.

Delialioglu, O., & Yildirim, Z. 2007. Students ’ perceptions on effective dimensions of interactive learning in a blended learning environment. Educational Technology & Society, 10(2), 133–146.

Fitriani, H., & Ikhsan, M. 2017. Implementaasi perangkat pembelajaran blended community of inquiry untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif” Di IKIP Mataram 14 Oktober 2017, 189–198.

García-peñalvo, F. J., Conde, M. Á., Zangrando, V., & Griffiths, D. 2013. Trailer project (tagging , recognition , acknowledgment of informal learning experiences ) a methodology to make learners informal learning activities visible to the institutions. Journal of Universal Computer Science, 19(11), 1661–1683. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/256839537%0ATRAILER

González, M. Á., González, M. Á., Martín, M. E., Llamas, C., & Martínez, Ó. 2015. Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17(1), 31–50. https://doi.org/10.4018/JCIT.2015010103

Heinze, A., Procter, C., & Scott, B. 2007. Use of conversation theory to underpin blended learning. International Journal of Teaching and Case Studies, 1, 108–120.https://doi.org/10.1504/IJTCS.2007.014213

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. 2017. Pemanfaatan smartphone android sebagai media pembelajaran bagi guru SMA Negeri 2 kota pekanbaru. JURNAL Untuk Mu NegeRI, 1(1), 42–47. Retrieved from http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/33

Rahmawati, R., Sudiyanto, & Sumaryati, S. 2015. Keefektifan penerapan e-learning quipper school pada pembelajaran akutansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal “Tata Arta” UNS, 1(1), 1–12.

Sandi, G. 2012. Pengeruh blended learning terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari kemandirian peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, jilid 45(No.3), 241–251.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. 2016. Pengaruh model blended learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 48–58.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidi-kan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsai, C., Horng, J., Liu, C., & Hu, D. 2015. Awakening student creativity:Empirical evidence in a learning environment contex. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 17, 28–38. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2015.07.004

Untara, K. A. A. 2014. Pengaruh model pembelajaran blended cooperative e-learning terhadap hasil belajar, self-efficacy dan curiosity siswa dalam pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 3(1), 82–90.

Woltering, V., Herrler, A., Spitzer, K., & Spreckelsen, C. 2009. Blended learning positively affects students ’ satisfaction and the role of the tutor in the problem-based learning process : results of a mixed-method evaluation. Advances in Health Sciences Education, 14(5), 725–738. https://doi.org/10.1007/s10459-009-9154-6

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2017. Laporan Survei Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia. Jakarta: Kominfo. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf. Diakses pada hari Minggu, 7 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i1p32-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats