LITERASI SEJARAH MELALUI BEDAH DAN DISKUSI FILM SEJARAH

Kurniawati Kurniawati, Djunaidi Djunaidi, Ayuningtyas Rahman, Pamela Ayesma

Abstract


Artikel ini bertujuan memasyarakatkan literasi sejarah khususnya di kalangan guru sejarah dan siswa. Penerapan literasi sejarah bertumpu pada kemampuan pedagogik dan profesional guru. Guru juga perlu mengasah kreativitas agar siswa tertarik belajar sejarah salah satunya melalui film sejarah. Namun begitu, ternyata seringkali guru mengalami hambatan dalam memutar film sejarah antara lain karena keterbatasan waktu. Maka pemutaran film sejarah di luar jam pelajaran sejarah menjadi alternatif solusi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah memutarkan film sejarah dan kemudian mendiskusikannya dengan mengundang narasumber yang bergerak dalam film. Hasilnya adalah bertambahnya wawasan kesejarahan peserta mengenai tokoh Wage Rudolp Supratman, proses terciptanya lagu Indonesia Raya, konteks zaman yang melatarbelakangi kehidupan Wage. Tidak hanya menambah wawasan kesejarahan, kegiatan ini  menambah wawasan peserta mengenai aspek film khususnya film sejarah dan kaitannya dengan  pembelajaran sejarah. Dapat disimpulkan bahwa film sejarah dapat menjadi media yang digunakan oleh guru sejarah dengan pemilihan film yang hati-hati. Guru harus memilih film secara hati-hati karena film pada dasarnya mengikat fakta dari suatu peristiwa sejarah sehingga unsur subjektivitas menjadi dominan. Guru yang mempunyai wawasan dan pemahaman sejarah yang baik dapat memilih dan memilah film sejarah yang tepat bagi siswanya.

Keywords


Literasi sejarah, Pendidikan Sejarah, Film sejarah

Full Text:

PDF

References


Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396

Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Jurnal Kependidikan, 3(2), 1–8.

Alvionita, H. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sejarah Sma Di Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015. Indonesian Journal of History Education, 3(2), 31–35.

Azmi, M. (2017). Learning History through Historical Movies: Bringing Living History into Classroom, (April). https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.64

Hasan, H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia Isu dalam Ide dan Pembelajaran. (A. Mulyana, Ed.) (1st ed.). Bandung.

Maposa, M., & Wassermann, J. (2009). Conceptualising historical literacy: a review of the literature. Yesterday and Today, (4), 41–66.

Metzger, S. A. (2010). Maximizing the Educational Power of History Movies in the Classroom. The Social Studies, 101(3), 127–136. https://doi.org/10.1080/00377990903284047

Muhammad Reza Pahlevi & Hudaidah (2020). Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sejarah Sekolah Menengah Atas Di Palembang. Jurnal Praksis dan Dedikasi. 3(1), 1.

Paxton, R. J., & Marcus, A. S. (2018). Film Media in History Teaching and Learning. In S. A. Metzer & L. M. Harris (Eds.), The Wiley International Handbook of History Teaching and Learning (1st ed., pp. 579–601). New York: Wiley Blackwell.

Stoddard, J. D. (2012). Film as a “thoughtful” medium for teaching history. Learning, Media and Technology, 37(3), 271–288. https://doi.org/10.1080/17439884.2011.572976

Ulhaq, Z. (2017). Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 49. https://doi.org/10.21009/jps.062.06

Van Straaten, D., Wilschut, A., & Oostdam, R. (2016). Making history relevant to students by connecting past, present and future: a framework for research. Journal of Curriculum Studies, 48(4), 479–502. https://doi.org/10.1080/00220272.2015.1089938

Veijola, A., & Mikkonen, S. (2016). Historical literacy and contradictory evidence in a Finnish high school setting: The Bronze Soldier of Tallinn. Historical Encounters, 3(1), 1–16.

Veijola, A., & Rantala, J. (2018). Assessing Finnish and Californian high school students’ historical literacy through a document-based task. Nordidactica: Journal of Humanities and Social Science Education, (2018:1), 1–21.

Wagner, D.-A. (2018). Teachers’ Use of Film in the History Classroom: A Survey of 19 High School Teachers in Norway. 22-44.

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 123–132.

Wiradimadja, Agung, Bayu Kurniawan, & Sukamto (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru IPS SMP/MTS Malang Raya. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 2(1),3




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v4i1p26-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats