GREBEG PANCASILA: PERINGATAN LAHIRNYA PANCASILA DAN MAKNA NILAI FILOSOFISNYA

Febriana Novitasari, Ahmad Suhadak, Ayu Anggraini, Agung Wiradimadja

Abstract


Kota Blitar memiliki rekam jejak tradisi budaya yang beranekaragam. Grebeg Pancasila merupakan sebuah tradisi budaya Kota Blitar untuk memperingati hari lahirnya Pancasila. Tradisi ini hadir atas gagasan dari para seniman serta para budayawan di Kota Blitar, yang khawatir dikarenakan setiap tanggal 1 Juni tidak diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Tradisi Grebeg Pancasila memiliki nilai filosofis yang sangat penting untuk dikaji. Nilai filosofis yang terkandung dalam tradisi ini perlu untuk dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mencoba untuk mengkaji tradisi Grebeg Pancasila di Kota Blitar dengan metode studi literatur yang disajikan secara kualitatif. Dengan melakukan pengkajian tradisi Grebeg Pancasila secara mendalam akan dapat menemukan makna tersitat yang terkandung dalam prosesi Grebeg Pancasila. Dengan mengetahui filosofi yang dimiliki tradhisi Grebeg Pancasila mampu memberikan wadah literasi kebangsaan kepada masyarakat Indonesia.


Keywords


Kota Blitar, Tradhisi, Grebeg Pancasila

Full Text:

PDF

References


Atmaja, A. K., & Basundoro, P. (Desember 2013). Makna Simbolik Makam Bung Karno di Blitar. Jurnal Kesejarahan Vol. 3, No.1, 89-96.

Basit, A. (2020). Nilai-nilai Filosofis dalam Upacara Grebeg Pancasila di Kota Blitar (Tinjauan Filsafat Nilai Max Scheler). Tulungagung: Filsafat Agama. Thesis Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Bintarto. (1989). Interaksi Desa-Kota. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Daldjoeni. (1978). Seluk Beluk Masyarakat Kota; Pusparagam Sosiologi Kota. Bandung: Alumni.

Kaelan. (2002). Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.

Kattsoff, L. (2004). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogyakarta.

Khotimah, K. (2011). Upacara Grebeg Pancasila dalam Upaya Pengembangan Nilai-Nilai Nasionalisme di Kota Blitar. Skripsi. Malang: Universtas Negeri Malang.

Koentjaraningrat, P. D. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Maulana, M. S. (2014). Tradisi Bantengan dan Modernisasi (Studi Eksistensi Tradisi Bantengan di Dusun Banong Desa Gerbangsari Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Skripsi Prodi Sosiologi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Muljana, S. (2008). Kesadaran Nasional dari Kolonialisme sampai Kemerdekaan Jilid 1. Yogyakarta: LKIS.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Peursen, C. (1988). Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisisus.

Putriana, D., & Warsono. (2019). Grebeg Pancasila Sebagai Sarana Penanaman Nilai-Nilai Pancasila (Studi Kasus di Kota Blitar). Kajian Moral dan Kewarganegaraan Volume 7 Nomor 02, 1237-1252.

Rohmah, H. A. (2019). Pengembangan Nilai Nasionalis Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi Kasus di SMPN 1 Wlingi-Blitar). Blitar: Pendidikan IPS. Thesis Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, D. A. (2014). Kajian Nilai Max Scheler dalam Upacara Grebeg Maulud Keraton Surakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sumitrasari, D. (2012). Makna Simbolik Kirab Gunungan Limo Pada Ritual Grebeg Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Kota Blitar. Malang: Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Sutarjo Adisusilo, J. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sztompka, P. (2007). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.

Ubaedillah, & Rozak, A. (2013). Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zummi, N. Q. (2016). Kajian Makna dan Nilai Karakter pada Ritus Grebeg Pancasila di Kota Blitar serta Keterkaitannya bagi Pendidikan IPS. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v4i1p36-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats