PELATIHAN PENGOPERASIAN PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MASA PANDEMI COVID-19 BAGI ANAK-ANAK DESA BATUAJI KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI

Riska Aprilia, Tri Damayanti Intan, Ninik Yustina Sari, Lifa Rosiana Putri

Abstract


TRAINING OF ONLINE LEARNING PLATFORM OPERATIONAL PROCEDURE FOR CHILDREN IN BATUAJI, KEDIRI, DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Online learning is commonly carried out. Especially during the COVID-19 pandemic, online learning is implemented to prevent the extensive spread of COVID-19. However, during its implementation, online learning faces a number of hindrances, such as the student’s inability to operate the online learning platform, which reflects the unpreparedness for online learning. Therefore, we conducted training on online learning platform operations for children from Batuaji, Kediri, Indonesia. This training aimed to help students operate a number of online learning platforms, such as  google classroom, zoom, google meet, edmodo, quizizzz, and whatsapp. The elementary school and junior high school-age children participated in this training. The training process was initiated by introduction, short material delivery related to the online learning platforms, quizzes, and evaluation. This training is helpful for the participants, as reflected by their great enthusiasm during the training activities and great understanding of online learning platforms’ operation procedures after attending the training.

Pembelajaran online merupakan kegiatan yang sedang dilaksanakan selama pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan guna menghindari penyebaran COVID-19 yang semakin meluas. Sesuai dengan praktiknya kegiatan pembelajaran online menemui beberapa hambatan, salah satunya yakni banyaknya anak-anak yang belum menguasai penggunaan platform pembelajaran online sehingga menimbulkan ketidaksiapan dalam pembelajaran online. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan mengadakan pelatihan pengoperasian platform pembelajaran online dalam masa pandemi COVID-19 bagi anak-anak di Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri guna membantu agar mereka memahami cara mengoperasikan beberapa platform pembelajaran online seperti google classroom, zoom, google meet, edmodo, quizizz dan whatsapp. Pelatihan ini dilakukan bagi anak-anak SD dan SMP dengan rangkaian kegiatannya diawali perkenalan, pemaparan materi tentang platform pembelajaran online secara singkat, praktik kuis, dan evaluasi pelatihan. Hasil pelatihan ini sangat bermanfaat, bahkan semua peserta pelatihan sangat antusias selama kegiatan berlangsung serta mereka juga memahami beberapa aplikasi yang baru mereka kenal selama pelatihan.


Keywords


pandemi COVID-19; pengoperasian platform; pembelajaran online

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Emeilia, R. I., & Muntazah, A. (2021). Hambatan komunikasi dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Jurnal Akrab Juara, 6(2), 155–166.

Firdaus, F. (2020). Implementasi dan hambatan pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Hasanah, Q. (2020). Pemanfaatan aplikasi whastapp sebagai media e-learning masa Covid-19 pada mata kuliah biomolekul dan metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 225–236.

Iskandar, M. R., & Syarifudin, S. (2020). Pembelajaran keterampilan berbahasa dengan media audio visual melalui zoom cloud meeting di Fakultas Tarbiyah IAI Qamarul Huda Bagu. Jurnal El-Huda: Study Islam, 11(2), 71–80.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: Hambatan, solusi dan proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 5(2), 1–10.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.

Nurhayati, D., Az-Zahra, H. M., & Herlambang, A. D. (2019). Evaluasi user experience pada edmodo dan google classroom menggunakan technique for user experience evaluation in e-learning (TUXEL) (Studi pada SMKN 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer E-ISSN, 3(4), 3771–3780.

Pane, M. D. (2021). Potensi ancaman pidana melakukan kerumunan di tengah pandemi Covid 19 di Indonesia. LITIGASI, 22(2), 230–241.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. Medan.

Pujaningsih, N. N. (2020). Penerapan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam penanggulangan wabah Covid-19 di Kota Denpasar. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 458–470.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302.

Rohmah, H., & Azizah, N. H. (2022). Analisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran online saat pandemi di MA Midanutta’lim Mayangan Jogoroto. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(4), 28–32.

Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2020). Bimbingan teknis pembelajaran daring menggunakan aplikasi quizizz bagi guru sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 213–217.

Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019). The use of google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12165. IOP Publishing.

Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 2(1), 6–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v6i1p10-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats