INTERNALISASI URGENSI PENCEGAHAN PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL BAGI SISWA

Alya Muflihatud Dini, Aanisah Nurul Qomariyah, Adistya Eka Sis Ardiansyah, Adinda Putri Harahap, Ahmad Tirtho Faidl Huda, Angga Gilang Ramadhan

Abstract


The purpose of this activity is to provide an understanding and also to increase the knowledge of students, especially in MAN 2 Malang City about education regarding the prevention of sexual harassment and violence as a self-help before entering the campus world. The method used is in the form of socialization. While this socialization activity is carried out in two ways, the first is the presentation of the socialization material by the resource person using the talk show method, then the second is continued with group discussions. Don't forget that at the end of the activity there is an evaluation in the form of a post-test to find out how far the students' understanding is after getting this socialization briefing. The data that the author collects are reports of activities in the field which are supported by documentation in the form of photos and videos of activities, which are then analyzed and processed to be presented descriptively in this article. The subjects of this activity were fifty students at MAN 2 Malang City consisting of twenty student council students and 30 students for each class 11 head and administrator. The implementation of this socialization activity went smoothly as planned, the students were very enthusiastic and also eager to ask various questions. By carrying out this activity, students get an idea of how to act if there are acts of harassment and sexual violence that occur around them.

Tujuan dari adanya kegiatan ini yaitu untuk memberikan suatu pemahaman dan juga untuk meningkatkan pengetahuan siswa, khususnya di MAN 2 Kota Malang mengenai edukasi seputar pencegahan pelecehan dan kekerasan seksual sebagai pembekalan diri sebelum memasuki dunia kampus. Metode yang digunakan yaitu berupa sosialisasi. Adapun kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan dua cara, yang pertama yaitu pemaparan materi sosialisasi oleh narasumber dengan metode talk show kemudian yang kedua dilanjut dengan diskusi secara berkelompok. Tidak lupa di akhir kegiatan terdapat evaluasi berupa post-test untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa setelah mendapatkan pembekalan sosialisasi ini. Data yang penulis kumpulkan yakni laporan kegiatan di lapangan yang didukung dengan dokumentasi baik berupa foto maupun video kegiatan, yang kemudian dianalisis serta diolah untuk disajikan secara deskriptif di artikel ini. Subyek kegiatan ini yaitu 50 siswa di MAN 2 Kota Malang yang terdiri dari 20 siswa OSIS dan 30 siswa tiap ketua dan pengurus kelas 11. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar sesuai rencana, terlihat para siswa sangat antusias dan juga bersemangat mengajukan berbagai pertanyaan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para siswa memperoleh gambaran bagaimana cara bertindak apabila terdapat tindak pelecehan serta kekerasan seksual yang terjadi di sekitar mereka.


Keywords


internalisasi; pelecehan seksual; remaja; sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Anggreni, N. K. P., Murtika, N. P. A. D. P., Astini, N. P. T., & Agustina, P. A. A. (2022). Perguruan tinggi: Garda terdepan mengatasi pelecehan seksual di media sosial. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 223-230.

Darmiany, D., Nisa, K., Nurhasanah, N., Tahir, M., & Asrin, A. (2019). Sosialisasi pelaksanaan pendidikan seksual pada anak kepada orang tua dan guru SDN Gugus IV Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 411–415.

Fauzia, F. (2022). KemenPPPA: 797 anak jadi korban kekerasan seksual sepanjang Januari 2022. Retrieved from kompas.com website: www.kompas.com

Fu’ady, M. A. (2011). Dinamika psikologis kekerasan seksual: Sebuah studi fenomenologi. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(2), 191–208.

Margaretta, S. S., & Kristyaningsih, P. (2021, August). Effektifitas edukasi seksual terhadap pengetahuan seksualitas dan cara pencegahan kekerasan seksual pada anak usia sekolah. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2020.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurvaqiya, S. N., Fadhilah, F., Ahmad, K., & Mutiara, D. (2021, October). Program webinar pencegahan dan penanganan kasus kekeraan seksual pada anak. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2(1).

Paradiaz, R., & Soponyono, E. (2022). Perlindungan hukum terhadap korban pelecehan seksual. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 4(1), 61-72.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sari, R., Nulhaqim, S. A., & Irfan, M. (2015). Pelecehan seksual terhadap anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).

Soesilo, G. B., Febiana, M., Murtanto, P. A. W. A., & Putri, V. E. (2022). Sexual harassement anak: Upaya penanggulangan tindak pelecehan seksual yang ternormalisasikan di Indonesia. PROSIDING, 148-155.

Tan, W., Seroja, T. D., Santoso, I. R., Adiyanto, A., Adristy, B. S., Lee, M., & Aprilia, V. (2022, September). Pencegahan pelecehan seksual di lingkungan sekolah. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 362-366.

Triwijati, N. K. E. (2007). Pelecehan seksual: Tinjauan psikologis. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 4, 303–306.

Yohan, R. A. (2021, October). Penyuluhan hukum mengenai kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak pada masa pandemi COVID-19 di wilayah masyarakat Paku Jaya. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v5i2p88-95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats