MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS MAHASISWA TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN INDIVIDU MELALUI SQ3R

Fadhilatul Ilmah, Aguwin Tarissa Putri, Arindra Dwi Mahesta, Lutfi Ana Amalia

Abstract


IMPROVING STUDENT CRITICAL READING LEARNING TOWARDS INDIVIDUAL SKILL DEVELOPMENT THROUGH SQ3R

Science and technology are developing rapidly so that they affect college graduates. Mastery of science and technology is needed so that graduates are able to compete in the world of work. Education plays an important role in forming quality human beings with the aim of being able to follow the development of science and technology. Education emphasizes both cognitive and non-cognitive aspects as critical thinking skills. By thinking critically, individuals will be able to make decisions to be taken, be open to differences of opinion, and be able to know and differentiate the reasons why other people have different decisions and opinions. For this reason, researchers have efforts to improve students' critical reading learning, towards the development of individual skills through SQ3R (survey, question, read, recite, review). The purpose of this research is to find out about SQ3R, develop critical reading skills, and the relationship between SQ3R and critical reading for individual skills. In this study using the literature review method, the source used is Google Scholar in the form of journals and articles. The results of the research are shown from the student learning outcomes that have been achieved through SQ3R, so that they are able to read critically.

Ilmu pengetahuan serta teknologi berkembang cepat sehingga berpengaruh pada lulusan perguruan tinggi. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat diperlukan agar lulusan mampu bersaing di dunia kerja. Pendidikan berperan penting dalam membentuk manusia yang berkualitas dengan tujuan mampu mengikuti perkembangan IPTEK. Pendidikan menekankan baik pada aspek kognitif maupun non kognitif sebagai kemampuan berpikir kritis. Dengan berpikir kritis individu akan mampu membuat keputusan yang akan diambil, terbuka dengan adanya perbedaan pendapat, serta bisa mengetahui serta membedakan alasan mengapa orang lain mempunyai keputusan dan pendapat yang berbeda. Untuk itu peneliti memiliki upaya meningkatkan pembelajaran membaca kritis pada mahasiswa, terhadap pengembangan keterampilan individu melalui SQ3R (survey, question, read, recite, review). Adanya penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang SQ3R, mengembangkan kemampuan membaca kritis, dan hubungan SQ3R dengan membaca kritis untuk keterampilan individu. Dalam penelitian ini menggunakan metode literatur review, sumber yang digunakan yakni pada google scholar berupa jurnal dan artikel. Hasil penelitian ditunjukkan dari hasil belajar mahasiswa yang telah tercapai melalui SQ3R, sehingga mampu membaca kritis.


Keywords


berpikir kritis; pendekatan SQ3R; keterampilan membaca

Full Text:

PDF

References


Apriliani, I. N., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Metode Sq3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 273–283.

Aziz, I. (2019). Penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan keterampilan membaca dasar siswa. Jurnal Pendidikan, 5(1), 97–106.

Carlston, D. L. (2011). Benefits of student-generated note packets: A preliminary investigation of SQ3R implementation. Teaching of Psychology, 38(3), 142–146.

Diana, P. Z. (2014). Teknik membaca SQ3R dalam membaca kritis untuk penguatan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 1(1), 31–40.

Hariyati, N. R., & Septiana, H. (2019). Buku ajar membaca kritis: Radikalisme dalam perspektif analisis wacana kritis. Penerbit Graniti.

Hariyati, N. R., & Syakur, A. (2018). Penerapan strategi membaca kritis di Akademi Farmasi Surabaya untuk menunjang kecakapan literasi menuju Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Edusaintek.

Irmasuriani, I. (2018). Pengaruh penerapan Metode SQ3R terhadap keterampilan membaca kritis peserta didik khusus untuk Kelas IV SDN Wadukopa Kab. Bima. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Johns, J. L., & McNamara, L. P. (1980). The SQ3R study technique: A forgotten research target. Journal of Reading, 23(8), 705–708.

Kastini, S., & Nasucha, Y. (2017). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pendekatan SQ3R siswa Kelas V SD Negeri Sidorejo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mawaria, M. (2019). Implementasi Metode SQ3R dalam upaya peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa SDN 135 Rejang Lebong. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 177–194.

Nurhayati, S. (2018). Pengaruh tehnik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap keterampilan membaca pemahaman. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 15(1), 73–90.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. Medan.

Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Luâ, U., & Kurniawan, E. (2022). Faktor-faktor penentu keberhasilan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika di era new normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 309–316.

Winarti, E. R., Waluya, B., & Rochmad, R. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui problem based learning dengan peer feedback activity. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207.

Wiradimadja, A., Ratnawati, N., Kurniawan, B., Yaniafari, R., & Alivi, J. (2021). Screen recorder for guiding distance learning: Case study of teacher professional education program. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(7), 4–15.

Wiradimadja, A., Yaniafari, R. P., Ratnawati, N., & Pratama, A. (2022). Double-edged sword CLIL-based instructional material in social studies program: Learning the subject and improving the language. In Exploring New Horizons and Challenges for Social Studies in a New Normal (pp. 174–178). Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v6i1p35-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats