COSPLAY SEJARAH: PEMBELAJARAN KREATIF SEJARAH BERBASIS TEKNOLOGI

Michael Aprillino Fernandes, Siti Khusnul Khotimah, Azriel Hudansyah Putra

Abstract


HISTORICAL COSPLAY: TECHNOLOGY-BASED CREATIVE LEARNING OF HISTORY

Cosplay can be said to have become one of the trends among teenagers today, especially for those who really like Japanese anime. In cosplay, usually someone will imitate the way they dress and the style of their favorite anime characters. That's why it is very good to be used in developing history learning in schools. This is because the use of cosplay in history learning is in accordance with the socio-drama that also exists in history learning in schools. However, in this learning, students will produce learning products in the form of photos or cosplay videos with historical themes. So that students are also required to learn and use information technology in order to produce good and good photos or videos.

Cosplay dapat dikatakan telah menjadi salah satu tren di kalangan anak remaja sekarang ini, khususnya bagi mereka yang sangatlah menyukai anime-anime Jepang. Dalam cosplay biasanya seseorang akan menirukan cara berpakaian serta gaya dari tokoh-tokoh anime yang menjadi favorit mereka. Oleh sebab itu, hal ini sangatlah baik untuk digunakan dalam mengembangkan pembelajaran sejarah di sekolah. Dikarenakan, penggunaan cosplay dalam pembelajaran sejarah sesuai dengan sosio-drama yang juga ada dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Namun dalam pembelajaran ini, siswa akan menghasilkan produk pembelajaran berupa foto  atau video cosplay bertemakan sejarah. Sehingga siswa juga diharuskan untuk mempelajari dan menggunakan teknologi informasi agar menghasilkan foto atau video yang bagus dan baik.


Keywords


cosplay; sejarah; teknologi

Full Text:

PDF

References


Apdelmi, A., & Fadila, T. A. (2017). Implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 143–154.

Arrobi, J., & Purnama, H. (2022). Efektivitas metode sosiodrama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 992–999.

Fauziah, D. T., Alhamuddin, A., & Hayati, F. (2020). Pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2), 82–87.

Kuntowijoyo, D. R. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka.

Mulyanah, M., Kania, R., & Afrilla, N. (2018). Pandangan diri cosplayer pada komunitas Japan Matsuri. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Pakaya, Y., Manay, H., Une, S. S. R., & Hilumalo, P. (2020). Penerapan model pembelajaran sosiodrama pada anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 131–137.

Purwanti, I. (2020). Menghadirkan model pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan ke aktifan belajar siswa.

Rastati, R. (2017). Media dan identitas: Cultural imperialism Jepang melalui cosplay (Studi terhadap cosplayer yang melakukan crossdress). Jurnal Komunikasi Indonesia, 41–52.

Rosada, R., Mayasari, D. E., & Arni, J. (2018). Peningkatan minta belajar siswa dengan metode sosiodrama pada pelajaran Sejarah di kelas XI MA. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 3(2), 51–55.

Setiawan, D. (2013). Dialektika cosplay, estetika, dan kebudayaan di Indonesia. Corak, 2(1), 57–70.

Suherna, W. (2019). Penggabungan metode sosiodrama dan media audio visual (film pendek) dalam menumbuhkan sikap beragama siswa di SMA Negeri 5 Rejang Lebong. IAIN Bengkulu.

Sumaludin, M. M. (2022). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah di masa tatap muka terbatas. Prabayaksa: Journal of History Education, 2(2), 73–82.

Venus, A. (2017). Budaya populer Jepang di Indonesia: Catatan studi fenomenologis tentang konsep diri anggota cosplay party Bandung. Jurnal Aspikom, 1(1), 71–90.

Wibowo, A. (2012). Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Paiton Tahun Pelajaran 2011/2012.

Zazulfah, A. (2014). Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa mata pelajaran Sejarah kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanggul Tahun Ajaran 2013/2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v6i1p53-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats