PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MELALUI PENGEMBANGAN JEJARING BISNIS KULINER KUE ROTI PISANG KHAS BANJARMASIN

Acep Supriadi, Yadi Ruyadi, Supriyono Supriyono, Dadi Mulyadi Nugraha, Rista Ayu Mawarti

Abstract


EMPOWERMENT OF THE CREATIVE ECONOMY THROUGH THE DEVELOPMENT OF A CULINARY BUSINESS NETWORK BANJARMASIN TYPICAL BANANA BREAD CAKE

Community empowerment through the development of the creative economy in the era of globalization is very crucial. This economic development is based on creativity, culture and local excellence, and is a new hope in looking at the nation's economic changes in the future. Creative economy development can be carried out in rural communities, for example in Kayuambon Village, which is located around Lembang, West Bandung Regency, where one of its main commodities is bananas. It's just that the processing of these commodities has not been maximized, so it has not provided significant additional income for the community. Based on this, this research aims to educate the public regarding the innovation of various processed foods made from bananas as the main raw material, in particular the development of a culinary business typical of Kalimantan banana bread and a strategy for developing a network of processed businesses so that they can provide additional income for the Kayuambon Community in Lembang District. The method used is action research. The results of this research, namely the development of a culinary business network for Banjarmasin typical banana bread, can improve the welfare of the people of Kayuambon Village, Lembang District.

Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif di era globalisasi menjadi sesuatu yang sangat krusial. Pengembangan ekonomi ini bertumpu pada kreatifitas, kebudayaan serta keunggulan lokal yang dimiliki, dan menjadi harapan baru dalam menatap perubahan ekonomi bangsa di masa mendatang. Pengembangan ekonomi kreatif dapat dilakukan pada masyarakat di pedesaan, contohnya Desa Kayuambon yang berada disekitaran Lembang, Kabupaten Bandung Barat dengan salah satu komoditas utamanya adalah pisang. Hanya saja, pengolahan komoditas tersebut belum maksimal, sehingga belum memberi penambahan pendapatan yang signifikan bagi masyarakatnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait inovasi berbagai olahan makanan yang berbahan baku utama pisang, khususnya pengembangan bisnis kuliner roti pisang khas Kalimantan serta strategi pengembangan jejaring bisnis olahan tersebut sehingga dapat memberi tambahan pendapatan bagi Masyarakat Kayuambon Kecamatan Lembang. Metode yang digunakan yaitu action research. Hasil yang didapatkan setelah melaksanakan penelitian, yaitu pengembangan jejaring bisnis kuliner roti pisang khas Banjarmasin, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Kayuambon Kecamatan Lembang.


Keywords


ekonomi kreatif; kue roti pisang khas Banjarmasin; pemberdayaan; pengembangan jaringan bisnis

Full Text:

PDF

References


Arjuli, P. (2017). Kesesuaian penggunaan lahan dengan tata ruang di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat menggunakan sistem informasi geografis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasan, M. (2018). Pembinaan ekonomi kreatif dalam perspektif pendidikan ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Vol, 1(1), 81–86.

Huda, N., & Syamsinirwani, S. (2019). Pengembangan jejaring wirausaha dalam meningkatkan kinerja unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Bima. Jurnal Distribusi Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 7(2), 251–260.

Maulida, Z., & Indah, D. R. (2021). Analisis strategi pemasaran sebagai strategi persaingan bisnis: Studi kasus bisnis kuliner rumah makan khas Aceh “Hasan” di Kota Banda Aceh. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra, 2(3), 188–202.

Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot dalam membuat keputusan dan mengambil kebijakan yang tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–44.

Nurfadillah, S. U. (2019). Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program UP2K-PKK di Desa Kayuambon Lembang. Jurnal Comm-Edu, 2(1), 1480–2615.

Prasmoro, A. V. (2021). Peningkatan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Prosiding Seminar Nasional Invoasi Teknologi Snitek 2021, 3(03/21), 85–92. Teknik Universitas Satya Negara Indonesia.

Pratiwi, L., Lestari, S. P., & Rismayani, G. (2022). Pemberdayaan ekonomi perempuan: Aneka olahan pisang sebagai upaya peningkatan nilai jual pisang dan penguatan ekonomi keluarga. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 587–593.

Rangkuty, D. M., Mesra, B., & Agustino, A. (2020). Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui edukasi konsep ekonomi kreatif industri rumah tangga di Kecamatan Binjai Kota. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 57–62.

Retnoningsih, A., Widowati, W., Khafid, M., & Prajanti, S. D. W. (2021). Jejaring usaha "Rasendriya kriya tulang daun" sebagai strategi keberlanjutan program pengembangan usaha produk intelektual kampus. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 35–43.

Rosyida, A., Heriyani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy segmenting, targeting, dan positioning: Study on PT Sidomuncul. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(1), 98–124.

Sancoko, A. H., & Rahmawati, V. (2019). Membangun strategi pemasaran UMKM kuliner kajian fenomenologi angkringan di Surabaya. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 17(2), 96–124.

Septian, R., & Judiantono, T. (2021). Identifikasi karakteristik perangkutan pasca produksi pertanian di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 16(1), 1–8.

Sidin, C., & Indiarti, M. (2019). Pengaruh jumlah usaha mikro kecil menengah dan jumlah tenaga kerja UMKM terhadap sumbangan produk domestik bruto UMKM periode tahun 1997–2016. Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 189–195.

Sumantyo, R., Prabowo, T., & Sugiarti, R. (2017). Perluasan jaringan pemasaran dan pengembangan produk batik masaran untuk mendukung penguatan ekonomi lokal. Cakra Wisata, 18(1), 16–25.

Widowati, I., Riany, D. A., Andrianto, F., & Suhartini, S. (2022). Analisis Swot untuk pengembangan bisnis kuliner (studi kasus pada UMKM Papat Sodara Food Purwakarta). Jurnal Teknologika, 12(1), 146–156.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v6i2p101-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats