Sosialisasi 3-Ends Pada Anak Dan Remaja Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Anggaunita Kiranantika, Rina Natalia, Mei Rita Kumala

Abstract


Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan orangtua. Pola asuh yang diterapkan oleh setiap keluarga sangat bervariasi. Karakter anak akan ditentukan oleh lingkungan melalui pengalaman yang dibentuk dalam dunia sosialnya, sebagaimana diatur dalam UU no 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak dan Kebijakan 3-Ends pada 3 isu nasional yang memfokuskan penghapusan kekerasan, Traffiking, dan Rentan Ekonomi yang. Melalui fokus proiritas ini diharapkan semua kekuatan elemen, pemerhati persoalan ini bersinergi untuk mewujudkan dalam masyarakat. Sehubungan dengan itu, perlulah sekali diadakan sosialisasi 3 Ends di kalangan anak dan remaja dalam masyarakat untuk bisa memaksimalkan hak anak dan partisipasi anak dalam pembangunan yang berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan dilakukan dengan Action Research menggunakan Focus Group Discussion kepada anak-anak, remaja dan pendamping yang hadir. Kegiatan ini merupakan pengetahuan baru bagi masyarakat sebagai upaya pemenuhan hak anak yang masih belum dipenuhi secara maksimal. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara terjadwal untuk dapat menanggulangi masalah kekerasan dan human trafficking yang semakin rentan terjadi pada anak dan remaja di Kabupaten Banyuwangi.


Keywords


3-Ends; anak; remaja; hak anak, kabupaten Banyuwangi

Full Text:

PDF

References


Anggaunitakiranantika, dalam Candraningrum, Dewi (ed) 2015. Konstruksi Sosial Perempuan Buruh Migran Malang di HongKong: Social Prestige vs Lilitan Hutang dalam Kebijakan Pembangunan Gender: Kepemimpinan, Ekologi, Kesehatan Reproduksi& Seksual. Jakarta: Percetakan Jalasutra.

Chambers. R. 2002. Participatory Workshops: A Sourcebook of 21 Sets of Ideas and Activities, London & Sterling VA: Earthscan.

Heyzer. N. & Vivian. W. 1994 “Domestic Workers in Transient Overseas Employment: Who Benefits, Who Profits?” In The Trade in Domestic Workers: Causes, Mechanisms and Consequences of International Migration. Edited by N. Heyzer, G. L. A’Nijeholt and N. Weerakoon. Kuala Lumpur, Malaysia: Asian and Pacific Development Centre.

Hurlock. E. 1978. Child Development. The University of Michigan, United States: McGraw Hill.

Ihromi. T.O. 2000. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Khairuddin. 1992. Pembangunan Masyarakat: Tinjauan Aspek Sosiologi, Ekonomi, dan Perencanaan. Yogyakarta: Liberty.

Levitt. P. 2001. The Transnational Villagers. Berkeley and Los Angeles: University of California Press.

Newman, Lawrence. 2000. Qualitative and Quantitative: a perspective on Social Science Research. London: Routletge.

Nihayah, Ulin. 2015. Mengembangkan Potensi Anak: Antara Mengembangkan Bakat dan Ekploitasi. Jurnal Sawwa Volume 10 No 2 hal 135-150. Semarang: Universitas Negeri Islam walisongo.

Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats