Pendidikan Dan Latihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Yang Mengintegrasikan PPK Bagi Guru PPKn MP di Kota Malang

Sri Untari

Abstract


 tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah: (1) Memberikan wawasan tentang Penguatan Pendidikan Karakter (2) Melatihkan penyusunan perangkat pembelajaran antara lain (a) analisis KI, KD dan indikator,RPPPPKn yang mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter. Metode yang dipergunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif, dengan menekankan pada keikutsertaan penuh dari peserta dalam proses pelatihan, bukan metode ceramah. Peserta didorong untuk mencari, menemukan dan memperoleh pengetahuan/ketrampilan yang dibutuhkan.Pemateri menyampaikan materinya secara singkat dan dilanjutkan dialog terkait dengan implementasi materi dalam pembelajaran di kelas riil.

Hasil  pelaksanaan kegiatan (1) wawasan peserta tentang penguatan pendidikan karakter cukup baik, terjadi peningkatan dari hasil pre test yang rata-rata 68.5 meningkat menjadi 82.25 artinya ada peningkatan signifikan sebelum dan sesudah pelatihan; (2)  peserta pelatihan dapat menganalisis KI, KD dan menyusun indikator secara baik, sehingga dapat menyusun RPP mata pelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama dari PPK. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan direkomendasikan pada peserta untuk menjadikan RPP sebagai kontrak belajar yang dilaksanakan pada kelasnya. Bagi tim pelaksana perlu melaksanakan desiminasi pada sekolah lain.


Keywords


perangkat pembelajaran; integrasi; penguatan pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Al Hakim, S., Diara, K., dan Untari, S. (2010). Model Pendidikan Karakter Bangsa melalui Mata Kuliah PKn dengan Pendekatan Multikultural, Malang: Malang. UM Press

Budhiman. Arie.2016. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan penumbuhan Pekerti. Jakarta. Kementerian Penddikan dan Kebudayaan.bidang Pembangunan Karakter

Dewantara, Ki Hadjar (2004), Pendidikan, Cetakan ke-3, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa

Duska, Ronald and Whelan Mariellen (1975), Moral Development. A Guide to Piaget and Kohlberg, New York: Paulist Press

Kama Abdul Hakam.2016. Strategi Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti.Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional 17 Juli 2017. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional diakses 11 maret 2018

Lickona, Thomas (1989), Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, New York: The New York Times Company

Nucci, Larry P and Darcia Narvaez (2008), Handbook of Moral and Character Education, New York: Routledge

Nurdin.Encep Syarief .2016. Konsep Dasar Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Untari. Sri. 2017. Evaluasi kegiatan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p56-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats