PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG (VIDEO BLOGGING) PADA MATA PEAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA PENDUDUK
Abstract
DEVELOPMENT OF VLOG (VIDEO BLOGGING) LEARNING MEDIA ON THE GEOGRAPHY TOPIC OF POPULATION DYNAMICS
This study aims to develop learning media using video blogging on the subject of population dynamics geography. The type of research used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The instrument of this study was a questionnaire, while the research data analysis technique used material expert and media expert validation sheets. The results of this study explain that the feasibility values of media experts, material experts, and geography teachers fall into the very feasible category. As for the response from students to video blogging on implementation, it was included in the very good category. Video blogging learning media is considered effective and feasible to use in geography learning population dynamics material. The assessment and implementation of research subjects shows this. In general, video blogging media can be declared feasible to use and valid.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan vlog (video blogging) pada mata pelajaran geografi materi dinamika kependudukan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen dari penelitian ini yaitu angket, sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa nilai kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan guru geografi termasuk ke dalam kategori yang sangat layak. Adapun respon dari peserta didik terhadap video blogging pada implementasi masuk ke dalam kategori sangat baik. Media pembelajaran video blogging dianggap efektif dan layak digunakan pada pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan. Hal ini ditunjukkan oleh penilaian dan implementasi pada subjek penelitian. Secara umum media video blogging dapat dinyatakan layak untuk digunakan dan valid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abas, K. D., Nurfaika, N., & Mohamad, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran vlog (video blogging) pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi di Kelas X IPS SMa Negeri 1 Tapa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.37905/¬geojpg.v2i2.23158
Abdin, N., & Romalita, R. (2021). Implementasi media pembelajaran video untuk meningkatkan kemampuan belajar pada siswa SMA di Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna di masa new normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6578–6591.
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Ananda, R., & Mardiah, M. (2020). Pemanfaatan video blog (vlog) sebagai media pembelajaran speaking pada siswa SMA kelas XI di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan.
Azizah, S. N. (2021). Desain pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) e-learning pada materi sejarah kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Islam UHAMKA, 12(2), 109–120.
Dahlia, Y. (2023). Perbandingan kemampuan belajar antara metode tradisional dan metode aktif dalam pembelajaran di SMPN 1 Pekanbaru: Studi penelitian dengan uji beda. OSF, 1(1), 1–6.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15.
Julianti, N. (2018). Pengembangan media pembelajaran materi dinamika kependudukan indonesia untuk siswa SMP Kelas VII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Biomass Chem Eng, 3(2), 126–141.
Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233
Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan pendidikan partisipatif perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 101–121.
Muthmainnah, M., & Annas, A. (2020). Pemanfaatan “vlog” sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan maharah kalam bagi mahasiswa IAIN Kudus. Arabia, 12(2), 123–138. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8073
Muzhaffar, I. W., & Anistyasari, Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran vlog pada mata pelajaran dasar desain grafis di SMK N 1 Surabaya. Jurnal It-Edu, 04(52), 104–109.
Nurdewi, N., Syawaluddin, A., & Hartoto, H. (2022). Pengembangan media buku cerita bergambar berbasis digital pada kelas III SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 1(3), 350–361.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Qudsy, R. D., & Puspasari, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 215–226. https://doi.org/10.26740/-jpap.v8n2.p215-226
Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiono, S., & Irwansyah, I. (2019). Vlog sebagai media storytelling digital bagi tokoh publik pemerintahan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 23(2), 115–134. https://doi.org/-10.31445/¬jskm.2019.2101
Sumarno, S., & Gimin, G. (2019). Analisis konseptual teoretik pendidikan kewirausahaan sebagai solusi dampak era industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 1–14. https://doi.org/10.19184/¬jpe.v13i2.12557
Teräs, M. (2022). Neil Selwyn: Education and technology: Key issues and debates. International Review of Education. https://doi.org/10.1007/s11159-022-09971-9
Wahyu, W., Matnuh, H., & Triani, D. (2014). Hubungan penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PKn pada siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7), 530–536.
Watkins, J. (2012). Increasing student talk time through vlogging. Language Education in Asia, 3(2), 196–203. https://doi.org/10.5746/leia/12/v3/i2/a08/watkins
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Jurnal Bio Education, 2(2), 50–58.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v7i2p139-148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
E-ISSN 2655-2469
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,