PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) TERHADAP KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN METACOGNITIVE SKILL PESERTA DIDIK

Eka Nurhidayati, Sumarmi Sumarmi, Alfi Sahrina, Bagus Setiabudi Wiwoho, Bayu Wijayanto

Abstract


THE EFFECT OF THE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCESS (CUP) LEARNING MODEL ON STUDENTS' CREATIVE PROBLEM SOLVING AND METACOGNITIVE SKILLS

The current curriculum changes anticipate that students will possess problem-solving skills, metacognitive skills, and critical and creative thinking. One of the principal challenges currently facing educators is the lack of comprehension of the concepts being taught and the methods for solving problems. It is, therefore, necessary to adopt a learning approach that emphasises deeper conceptual understanding. The research was conducted at MAN Kota Mojokerto to determine the impact of the CUPs learning model on students' creative problem-solving abilities and metacognitive skills. This research employs a quasi-experimental pretest-posttest control group design. The sampling technique employed was purposive sampling, whereby class XI F7 was selected as the experimental class and class XI F8 was designated as the control class for comparison purposes. The research instruments comprised a description question for creative problem-solving ability, an inventory questionnaire for the measurement of metacognitive ability, and an observation sheet. The results of the MANOVA test indicate a significance value of 0.000, which is less than 0.05. Consequently, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. The results demonstrate that the implementation of the CUPs learning model has a notable impact on enhancing creative problem-solving abilities and metacognitive skills in students from class XI F7 of MAN Kota Mojokerto. The considerable effect can be substantiated by the improvement in test outcomes, indicating that the CUPs model effectively activates indicators on both dependent variables.

Perubahan kurikulum saat ini mengharapkan kemampuan memecahkan masalah, keterampilan metakognitif, dan berpikir secara kritis serta kreatif dapat dimiliki oleh peserta didik. Salah satu hambatan utama sekarang ini adalah kurangnya pemahaman terhadap konsep yang diajarkan dan cara mengatasi permasalahan. Oleh karena itu, model CUPs dipilih sebab menekankan pemahaman konseptual yang lebih mendalam. Penelitian dilakukan di MAN Kota Mojokerto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap kemampuan creative problem solving dan metacognitive skill peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, di mana kelas XI F7 dipilih sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI F8 menjadi kelas kontrol untuk perbandingan. Instrumen penelitian melibatkan soal uraian untuk kemampuan pemecahan masalah secara kreatif, angket inventori untuk mengukur kemampuan metakognitif, dan lembar observasi. Hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs secara bersamaan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan creative problem solving dan keterampilan metakognitif pada peserta didik dari kelas XI F7 MAN Kota Mojokerto. Pengaruh signifikan tersebut dapat dibuktikan melalui peningkatan hasil pengujian, menunjukkan bahwa model CUPs berhasil mengaktifkan indikator-indikator pada kedua variabel dependen.

Keywords


model CUPS; creative problem solving; metacognitive skill

Full Text:

PDF

References


Ahzan, S., & Gummah, S. (2014). Perbedaan hasil belajar antara gaya berpikir divergen dan konvergen mata kuliah gelombang mahasiswa Pendidikan Fisika. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 143–149.

Alfiyah, S., Erwing, E., & Muliana, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 108–118.

Alista, E. (2019). Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN I Ingin Jaya. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan kualitas pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosia, 10(1), 1–17.

Assaibin, M., & Rahayu, A. (2021). Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam model pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975–2988.

Darmayanti, R. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49–66.

Desmita, D. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Destati, A., Farida, F., & Andriani, S. (2021). Efektivitas model pembelajaran (CUPs) Conceptual Understanding Procedures terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2).

Doyan, A., Gunawan, G., Susilawati, S., & Putra, R. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar Fisika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(1), 20–27.

Ekawardani, S. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif siswa pada mata pembelajaran Geografi di SMA Negeri 9 Malang.

Fitriani, F., & Maemonah, M. (2022). Perkembangan Teori Vygotsky dan implikasi dalam pembelajaran matematika di MIs Rajadesa Ciamis. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 35–41.

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir kreatif dalam fisika dengan pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24–33.

Ganda, G. (2022). Pentingnya diskusi dalam pembelajaran kelas. Yayasan Al Ma’soem.

Green, R. (2002). Better thinking learning an introduction to cognitive education. Western Cape Education Department.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2016). Pengembangan model laboratorium virtual berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah bagi calon guru fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 5(2).

Hafiluddin, H., & Wahyudin, W. (2023). Peningkatan kualitas pendidikan melalui kurikulum di MTSN 1 Makassar. Educandum, 9(1), 144–152.

Herlanti, Y. (2015). Kesadaran metakognitif dan pengetahuan metakognitif peserta didik sekolah menengah atas dalam mempersiapkan ketercapaian standar kelulusan pada kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3), 357–367.

Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14–23.

Imami, V. C., Effendy, E., & Utomo, Y. (2017). Perbedaan pengetahuan metakognitif siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi menggunakan process oriented guided inquiry learning dengan pembelajaran verifikasi yang dioptimalkan. Universitas Negeri Malang.

Ismawati, F., Nugroho, S. E., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures untuk meningkatkan curiosty dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).

Isrok’atun, I., & Tiurlina, T. (2014). Enhancing students’ mathematical creative problem solving ability through situation-based learning. Journal of Mathematical Theory and Modeling, 4, 44–49.

Lestari, D., Haris, M., & Hakim, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 30–36.

Linnusky, I. N., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(1), 1–9.

Lubis, H. Z., Eriska, P., Bismala, L., Arifin, M., Hidayat, F. P., Ikom, M., Rudianto, S., Harfiani, R., Nasution, D. K., & Panggabean, S. (2021). Inovasi pembelajaran di masa merdeka belajar kampus merdeka (new normal): Antara peluang dan tantangan (Vol. 1). UMSU press.

Mona, N., & Rachmawati, R. C. (2023). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan keterampilan kreativitas peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 150–167.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.

Nikmah, M. (2018). Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan aurora 3D presentation untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar siswa SMP kelas VIII. Simki-Techsain, 2(8).

Nurisya, K., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2017). Analisis perbandingan hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar dan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi berbasis PBL. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 246–251.

Pangestika, U. I. (2017). Analisis kemampuan penyelesaian masalah matematika ditinjau dari metakognitif pada pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) dengan pendekatan open-ended.

Pradestya, R., & Balkist, P. (2019). Langkah-langkah pemecahan masalah dan kemampuan kognitif. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 2(2), 34–40.

Qadariyah, L., Zainuddin, Z., & Hartini, S. (2015). Implementasi model pembelajaran kooperatif Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 93–101.

Rahmawati, D., Utami, R., & Mardhiyana, D. (2023). Penerapan model pembelajaran CUPs untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 352–360.

Ritonga, M. (2018). Politik dan dinamika kebijakan perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia hingga masa Reformasi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Rizal, M. (2024). Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs): Implementasinya dalam mengatasi miskonsepsi matematis siswa. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 150–162.

Safitri, S., Ikhsan, M., & Susanti, S. (2020). Penerapan model Conceptual Understanding Procedures untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 50–66.

Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Sukron, M. (2022). Manajemen rekrutmen pendidik dalam peningkatan mutu pendidikan di SDI Al Ikhlas Cilandak Jakarta Selatan. Jurnal Sosial dan Sains, 2(12), 1298–1313.

Sitorus, N. (2006). Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SMPN 12 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Widyawati, A. T., & Nasrudin, H. (2019). Melatihkan keterampilan metakognitif melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Unesa Journal of Chemical Education, 8(2), 50–56.

Wulandari, M. L., Sutrio, S., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 188–196.

Yufani, D. E., Riwanto, M. A., & Umayah, U. (2023). Pengaruh kurikulum merdeka terhadap kualitas belajar siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 68–72.

Yulianti, E., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures Terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 9–17.

Zafirah, A., Gistituati, N., Bentri, A., Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2023). Studi perbandingan implementasi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika: Literature review. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 276–304.

Zulkarnain, F. (2016). Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah rekayasa pondasi I. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v7i2p251-264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats