PENGEMBANGAN E-MODUL TOKOH PEJUANG PROVINSI RIAU BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR DIGITAL SEJARAH LOKAL
Abstract
Traditionally, teachers have often developed teaching materials using conventional module approaches. Conventional modules are teaching materials presented in print format, which are frequently unappealing and inflexible, leading to a lack of interest from students. Therefore, E-Modules development is highly suitable because they offer numerous benefits, particularly regarding accessibility. This research aims to develop an Android-based E-Module about the heroic figures from Riau Province. The objectives of this design are (1) to create an E-Module that is easily accessible anytime and anywhere and (2) to introduce heroic figures and local history of Riau Province through an Android-based technological approach. This study employs the Research and Development (R&D) method to design and evaluate the effectiveness of the developed product. The development model used is the 4D (Four D) model, which includes Define, Design, Develop, and Disseminate. This research indicates that the designed E-Module meets adequacy standards and can be used as a learning media. Additionally, student feedback on the E-Module has been very positive.
Selama ini guru sering mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan modul konvensional. Modul konvensional adalah bahan ajar yang disampaikan dalam format cetak yang seringkali tidak aktraktif dan tidak fleksibel sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk membacanya. Untuk itu, pengembangan E-Modul sangat cocok diterapkan karena memiliki manfaat yang banyak sekali terutama terkait aksesibilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul mengenai cerita tokoh pejuang dari Provinsi Riau yang berbasis android. Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk (1) menciptakan E-Modul yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja serta (2) mengenalkan tokoh pejuang dan sejarah lokal Provinsi Riau dengan pendekatan teknologi berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk merancang dan mengevaluasi efektivitas produk yang dirancang. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Four D) yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-Modul yang dirancang memenuhi standar kecukupan dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran. Selain itu, tanggapan siswa terhadap E-Modul tersebut menunjukan reaksi yang sangat positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almahera, A. F., Jauhari, N., & Nafi’ah, U. (2023). E-modul Sejarah sebagai inovasi bahan ajar digital berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 94–103.
Anggoro, D. (2016). Pengembangan modul bahan ajar sejarah berbasis perjuangan masyarakat Tengaran Kabupaten Semarang selama revolusi fisik untuk meningkatkan nasionalisme siswa SMA Negeri I Tengaran. UNS (Sebelas Maret University).
Aupa, E. M., & Yefterson, R. B. (2022). E-Modul Sejarah Indonesia untuk melatih kemampuan berfikir kausalitas peserta didik. Jurnal Kronologi, 4(2), 540–554.
Chalimi, I. R. (2023). Pengembangan bahan ajar sejarah lokal Kalimantan Barat berbasis e-modul. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 251–258.
Fatmawati, I. (2023). Pengembangan e-modul berbasis sejarah lokal pada materi sejarah Indonesia di kelas XI MAN 1 Kota Kediri: Pembelajaran sejarah. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 3(1), 69–82.
Febrian, W., & Ofianto, O. (2023). Analisis kebutuhan e-modul sejarah untuk pembelajaran sejarah fase e di SMAN 01 Kec. Suliki. AHKAM, 2(4), 786–794.
Firmansyah, H., & Chalimi, I. R. (2022). Karakteristik kebutuhan bahan ajar sejarah lokal berbasis e-modul untuk SMAN Kota Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 23–34.
Purnomo, B., Rahmini, R., & Syahputra, M. A. D. (2023). Development of exe learning based e-module with whatsapp application for online history learning to increase learning result. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 43–52.
Putrianata, D., & Chairunisa, E. D. (2019). Pengembangan e-modul pembelajaran sejarah perjuangan tokoh-tokoh militer pejuang kemerdekaan di Sumatera Selatan. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 152–157.
Sakti, D. T., & Ofianto, O. (2021). Pengembangan e-modul sejarah lokal pesisir selatan dengan materi tentang Kerajaan Inderapura dalam pembelajaran Sejarah Indonesia kelas X KD 3.8. Jurnal Kronologi, 3(4), 1–14.
Sanjaya, P. A. (2022). Pengembangan pembelajaran sejarah berdiferensiasi menggunakan e-module berbasis book creator. Prodiksema, 1(1), 52–60.
Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 193–200.
Susanti, L. R. R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk pembelajaran sejarah indonesia kuno dengan materi kebudayaan megalitik pasemah. El-Buhuth, 3(1), 11–20.
Susanti, S., & Chairunisa, E. D. (2020). Pengembangan e-modul pembelajaran sejarah tokoh-tokoh pembangunan pacsa kemerdekaan di Sumatera Selatan. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 6(2), 110–113.
Tanama, J., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2023). Pengembangan e-modul sejarah Indonesia dengan aplikasi Canva untuk meningkatkan semangat belajar siswa kelas XI SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 71–83.
Yolanda, R., & Basri, W. (2021). Pengembangan modul elektronik berbasis flip PDF Pro mata pelajaran sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Kronologi, 3(2), 125–136.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v7i2p278-291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
E-ISSN 2655-2469
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,