PELATIHAN PTK BAGI GURU IPS SMP/MTS MALANG RAYA

Agung Wiradimadja, Bayu Kurniawan, Sukamto Sukamto

Abstract


Di sekolah pastinya selalu ada permasalahan dalam belajar di kelas, baik masalah kesulitan belajar ataupun sikap perserta didik yang tidak sesuai norma dan nilai sosial. Guru yang profesional adalah guru yang dapat memanajemen permasalahan tersebut dengan cara memperbaikinya. Perbaikan masalah dalam pembelajaran di kelas, dapat ditempuh oleh guru melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Belum banyaknya guru IPS di SMP/MTs Malang Raya yang bisa melakukan PTK. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan guru IPS akan cara perencanaan, pelaksanaan dan penulisan laporan PTK. Maka dari itu, dilakukan  pelatihan PTK bagi guru IPS SMP/MTs Malang Raya sebagai program pengabdian kepada masyarakat. Metode pelaksanaan yakni dengan cara mengunndang langsung para grur IPS Malang Raya melalui Komunitas MGMP IPS. Hasilnya, pertama kegiatan pelatihan PTK dapat terealisasikan dengan baik oleh tim. Kedua, agar guru dapat memanfaatkan laporan hasil penelitian tindakan kelas untuk digunakan sebagai kenaikan pangkat, tim pengabdian kepada masyarakat memberikan juga materi tentang cara dan teknik menulis artikel ilmiah dari laporan PTK.


Keywords


Pelatihan PTK; Guru IPS; SMP/MTs Malang Raya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk., 2011, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, H.M. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadriyanto, Soleh. 2013. Peningkatan Karier Guru Melalui Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Makalah disampaikan dalam Seminar Upacara Penyerahan Ijazah UT UPBJJ Bandung.

Harun. 2001. Pengertian dan Kriteria Karya Ilmiah. Dalam Harun, dkk. (Eds.), Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah (hlm. 13-14). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hopkin, D. 1993. A Teacher’s Guideto Classroom Research. Open University Press.

Kemmis, S. and Mc Taggart, R.1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.

Kusnandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali press.

Mulyatiningsih, E. 2012. Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta: Metode Penelitian Tindakan Kelas. Tidak diterbitkan. (Online) http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/8cmetode-penelitian-tindakan-kelas.pdf. (diakses pada 3 Desember 2017)

Muslich, M. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009. Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008. Tentang Guru.

Sukardiyono, T. 2015. Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. Tidak diterbitkan. (Online) http://staffnew.uny.ac.id/upload/132048521/pengabdian/makalah-ppm-ptk-2015.pdf (diakses pada 14 Desember 2017).

Suparno, P. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen Dikti.

Syamsi, K. 2011. Teknik Penulisan Artikel Hasil Penelitian dalam Jurnal Ilmiah. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis in Service I yang diselenggarakan oleh LPMP. DIY 20-23 Juni 2011.

Tatang, M. A. 2006. Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wiriatmadja, R. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia bekerjasama PT Remaja Rosdakarya.

Zainal, A. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Yrama Widya. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p6-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
email: jpds.journal@um.ac.id

JPDS Indexed By:

          

E-ISSN 2655-2469


Creative Commons License

JPDS is under licensed by CC BY 4.0.

View JPDS Stats