INSERVICE GURU MGMP IPS SMP KABUPATEN BLITAR DALAM PEMBELAJARAN PETA NKRI

I Nyoman Ruja, Neni Wahyuningtyas

Abstract


Guru-guru IPS SMP kesulitan untuk mempelajari secara mandiri konsep Sejarah, Geografi, Sosiologi, Ekonomi yang ada pada buku-buku SMP, SMU, dan PT. Selain itu adanya miskonsepsi materi sosiologi dalam buku-buku yang dipergunakan guru sebagai buku pegangan dalam proses belajar mengajar. Miskonsepsi pada buku akan menimbulkan dampak negatif bagi para pengguna (guru dan siswa). Sehingga guru harus selektif dalam memilih buku yang digunakan dalam proses belajar mengajar (PBM). Kemampuan guru untuk menyeleksi buku berkaitan langsung dengan kompetensi guru dalam penguasaan materi pelajaran. Hal ini tidaklah mudah karena seorang guru harus menguasai seluruh materi yang diajarkan. Pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, guru akan diajak melakukan diskusi untuk pendalaman konsep materi terutama Geografi, menemukan miskonsepsi atau kesalahan konsep materi bentuk muka bumi pada buku IPS SMP yang digunakan dalam pembelajaran, mengintegrasi materi geografi dengan materi IPS lainnya supaya lebih terpadu. Selanjutntya akan dilakukan tutorial untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan konsep yang ditemukan. Melalui pengabdian ini telah meningkatkan motivasi dan pemahaman guru-guru matapelajaran IPS yang tergabung dalam MGMP IPS di Kabupaten Blitar terutama tentang materi Geografi (peta NKRI)


Keywords


Inservice; Pembelajaran IPS; NKRI

Full Text:

PDF

References


Cooper, B.S, dkk. 1994. Making Money Matter in education: A Micro-Finacial Model for Determining School-Level Allocations, Efficiecy, and Productivity. Journal of Education Finance 20: 66-87

Ibrohim, 2000.Miskonsepsi IPA-Biologi di Kalangan Guru Sekolah Dasar. Proceeding national Science Education Seminar on The Problem of Mathematics and Science Education and Alternatives

to Solve the Problems. February 23, 2000. Malang: FPMIPA, State University of Malang (UM).

Susilowati, E. Sistem Pembinaan Profesional Guru IPA. (Online),

wwwp4tkipa.org/banner/artikel/eneng, diakses tanggal 1 Maret 2018.

Peraturan menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.Jakarta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen.

_______. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p95-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index

JPDS Indexed By:

           

E-ISSN 2655-2469


Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,

View JPDS Stats