BAKTI DAN PENGENALAN SITUS CANDI KALICILIK PADA SISWA SD 1 CANDIREJO PONGGOK BLITAR
Abstract
Abstrak: Bakti dan pengenalan candi Kalicilik Blitar bertujuan untuk mengenalkan situs sejarah kepada masyarakat sekitar yaitu siswa SD Candirejo 1 Ponggok Blitar. Pengenalan situs sejarah candi dimaksudkan untuk menambah pengetahuan khususnya masyarakat sekitar situs. Karena untuk melestarikan situs sejarah diawali dengan kegiatan mengenal mengenai situs candi Kalicilik. Data dan informasi diperoleh dengan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa video kegiatan pengenalan situs candi Kalicilik. Bakti dan pengenalan candi dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar situs candi dan mengenalkan situs kepada siswa SD 1 Candirejo mengenai sejarahnya. Selama proses pengenalan berlangsung siswa antusias untuk mengikuti kegiatan, dan diakhiri dengan kegiatan evaluasi. Hasil bakti dan pengenalan situs candi menunjukkan bahwa beberapa siswa SD 1 candirejo sudah mengenal situs candi Kalicilik, mereka tahu jika candi kalicik merupakan peninggalan masa kerajaan Majapahit. Akan tetapi masih ada beberapa siswa yang belum pernah ke candi Kalicilik, jadi pengenalan situs candi Kalicilik perlu dilakukan untuk menambah wawasan pengetahuan warga setempat khususnya generasi muda agar peduli serta menjaga peninggalan-peninggalan penting yang ada di daerah sekitarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, D. S. Y. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 177–185.
Arafah, B. (2003). Warisan Budaya, Pelestarian dan Pemanfaatannya. Artikel. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Hasanuddin (UNHAS).
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 8). Bandung: Remaja Rosdakarya.
beritamadani.co.id. (2016, May 24). Macapat Kiblat Papat Lima Pancer Di Candi Kali Cilik Blitar. Retrieved May 16, 2019, from Beritamadani.co.id website: https://beritamadani.co.id/2016/05/24/macapat-kiblat-papat-lima-pancer-di-candi-kali-cilik-blitar/
BPCB Jatim. (2016, November 9). Sejarah Candi Kalicilik. Retrieved May 16, 2019, from Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur website: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/sejarah-candi-kalicilik/
Campbell, C. (2002). Ngapain ke Candi? ACICIS/Universitas Muhammadiyah Malang.
Chowanda, A., & Prasetio, Y. L. (2012). Perancangan Game Edukasi Bertemakan Sejarah Indonesia. Proceedings SEMANTICS, 151–155.
DEWI, F. L. (2016). BANGUNAN CAGAR BUDAYA PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Upaya Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya) (PhD Thesis). Universitas Airlangga.
Karmadi, A. D. (2007). Budaya lokal sebagai warisan budaya dan upaya pelestariannya. Makalah Disampaikan Pada Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah Yang Diselenggarakan Oleh Balai Pelestarian Sejarah Dan Nilai Tradisional Yogyakarta Bekerjasama Dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, Di Semarang, 8–9.
Maslahah, W., & Rofiah, L. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi Di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 9(1), 32–43.
Mikkelsen, B. (2011). Metode penelitian partisipatoris dan upaya pemberdayaan: Panduan bagi praktisi lapangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nafi’ah, U., Utami, I. W. P., Sulistyo, W. D., Mahmud, J. A., & Minarti, M. (2019). PERANCANGAN MOTIF BATIK DENGAN INSPIRASI RELIEF ORNAMENTASI CANDI KIDAL SEBAGAI PENGEMBANGAN CORAK BATIK DESA KIDAL. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(2), 110–116.
Sedyawati, E., Santiko, H., Djafar, H., Maulana, R., Ramelan, W. D. S., & Ashari, C. (2013). Candi Indonesia: Seri Jawa: Indonesian-English. Direktorat Jenderal Kebudayaan.
situsbudaya.id. (2017, September 11). Situs Candi Kalicilik Situs Peninggalan Desa Candirejo. Retrieved May 16, 2019, from Informasi Situs Budaya Indonesia website: https://situsbudaya.id/situs-candi-kalicilik/
Sulistyo, W. D. (2019). MENGGUGAH SENSITIVITAS SOSIAL MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI PRAKSIS SOSIAL. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(1), 38–46.
Suryanto, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran di SD.
Vubo, E. Y. (2003). Levels of Historical Awareness. Cahiers d’études Africaines, (3), 591–628.
Wendoris, T. (2008). Mengenal Candi-candi Nusantara. Pustaka Widyatama.
Wibowo, A. B. (2014). Strategi Pelestarian Benda/Situs Cagar Budaya Berbasis Masyarakat. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, 8(1), 58–71
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v2i2p54-61
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
E-ISSN 2655-2469
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,