PENGEMBANGAN FASHION BUDAYA WARAGAWEAR DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Rizza Megasari
Abstract
Kemajuan jaman sekarang ini menggeser budaya asli daerah dengan budaya barat yang sangat jauh dari norma ketimuran. Berangkat dari keresahan inilah mencoba untuk mendekatkan budaya ini kepada generasi muda agar tetap bisa dikenal dan dilestarikan. Bidang usaha yang digeluti oleh waragawear ini berupa clothing line dengan konsep budaya lokal unik sesuai dengan selera pasar yang kreatif, edukatif dan inovatif. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan produktivitas mitra usaha dalam mengembangkan usahanya. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dengan melakukan Focus Group Discussion dengan mitra, kemudian melakukan pelatihan dan pendampingan terhdapa mitra. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, sudah dilakukan pelatihan pemasaran online dengan dibuatkannya website www.waragawear.com kemudian pelatihan pengelolaan keuangan dan juga pendampingan dalam keikutsertaan waraga wear dalam pekan budaya hari jadi kabupaten kediri yang terselenggara pada 13 Juli 2019 yang bertempat pada lokasi Simpang Lima Gumul. Hal terakhir yang dilakukan oleh tim pengabdian adalah mendaftarkan Merek Dagang Waraga Wear dan juga HKI produk waraga wear.
Keywords
pengembangan, produktivitas, revolusi industri 4.0
Editorial and Administration Office: This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science. Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145. Phone. (0341) 551312. Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index