Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA

Fajar Irsyadul Akbar, Rudi Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi mitigasi dan adaptasi bencana kelas X SMA  dengan pendekatan Scientific Approach. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan  pengembangan (Research and Development/R&D) Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kelayakan LKPD materi materi mitigasi dan adaptasi bencana memperoleh kategori sangat layak menurut ahli materi dan ahli media. Hal ini didukung dengan hasil uji coba lapangan dari 30 subjek uji coba sebanyak 66,6% respon berada pada tingkat sangat layak dan sebesar 33,3% pada tingkat layak.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i22017p135


Keywords


Model Pengembangan 4-D, Mitigasi dan Adaptasi bencana, LKPD.

Full Text:

PDF

References


A. W. Coburn. 1994. Mitigasi Bencana Edisi Kedua. Cambridge Architectural Research Limited. The Oast House, Malting Lane, Cambridge, UnitedKingdom. (online), (https://rovicky.files.wordpress.com/2009/10/mitigasi-bencana.pdf, diakses tanggal 25 Maret 2016)

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offet.

Arjana,I Gusti Bagus. 2010.Pendidikan Geografi Dalam Strategi Antisipasi Bencana Alam Di Indonesia. Makalah disampaikan pada Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Geograf Indonesia (PTI-IGI) ke XIII,Surabaya, 11-12 Desember.

Astuti D, Siti Irene dkk. (2010). Sosialisasi Pendidikan Mitigasi pada Lingkungan Rawan Bencana. (online),(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Siti%20Irene%20Astuti%20D,%20Dra.%20M.Si./ARTIKEL%20%20SOSIOALISASI%20MITIGASI%20-2010-B.pdf,diakses tanggal 29 maret 2016).

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.2008.Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Keputusan Menteri dalam Negeri Nomor 131 Tahun 2003 Tentang Pedoman Penanggulangan Bencana Penanganan Pengungsi di Daerah.

Marhadi. 2014. Pengantar Geografi Regional. Yogyakarta: Ombak.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses.

Purwanto, Edy, dkk. 1996. Validasi Bahan Ajar IPS Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 1994 Di Jawa Timur. Malang: LEMLIT IKIP Malang

Prasad, Neeraj, dkk. 2010. Kota Berketahanan Iklim: Pedoman Dasar Kerentanan Terhadap Bencana. Jakarta: Salemba Empat.

Prastowo, Andi.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke –11. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Thiagarajan, Semmel S.S., & Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook. Bloomington: Center for innovation on Teaching the Handicaped.

Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 33 Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v22i2.1005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats