Analisis isi buku teks geografi kelas XI SMA kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbitan Mediatama berdasarkan keterampilan abad 21

Retno Sarinastiti, Yunus Aris Wibowo

Abstract


The purpose of this research was to analyze the suitability of the material in the Geography textbook for Class XI Curriculum 2013 published by Mediatama based on the BSNP Textbook Criteria and the completeness of the 21st century (4C) skill components. This research uses qualitative research with a content analysis approach. The research subject used was the Geography textbook Class XI Curriculum 2013 Revised Edition published by Mediatama. The research subject was the Geography textbook for Class XI of the 2013 Curriculum, Revised Edition published by Mediatama. The data validity was done by triangulating the source. The research found that the books most used by the MGMP Sukoharjo were feasible (87,61%). Based on the results of the analysis, according to the material expert, chapter I has the highest aspect is creative thinking and communication aspects (100% completeness), chapter III is critical thinking, creative thinking and communication (100% completeness), chapter VII is critical and creative. think (100% complete). According to practitioners, chapter I is collaboration aspect (completeness 100%), chapter III creative thinking (completeness 85.7%), chapter VII critical thinking (completeness 89%). According to researchers, chapter I is creative thinking, communication, and collaboration (100% complete), chapter III and chapter VII are 100%.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi dalam buku teks Geografi Kelas XI Kurikulum 2013 Terbitan Mediatama berdasarkan Kriteria Buku Teks BSNP dan kelengkapan komponen keterampilan abad 21 (4C). Sejalan dengan tujuan maka penelitain ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Subjek penelitian yang digunakan adalah Buku teks Geografi Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi terbitan Mediatama. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara secara langsung dan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk ahli materi dan praktisi pembelajar (guru). Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang paling banyak digunakan MGMP Sukoharjo dikatakan layak digunakan (87.61%). Berdasarkan analisis, menurut ahli materi bab I memiliki aspek tertinggi berfikir kreatif dan komunikasi (kelengkapan 100%), bab III berpikir kritis, kreatif dan komunikasi (kelengkapan 100%), bab VII berpikir kritis dan kreatif (kelengkapan 100%). Menurut praktisi bab I memiliki aspek tertinggi kolaborasi (kelengkapan 100%), bab III berpikir kreatif (kelengkapan 85,7%), bab VII berpikir kritis (kelengkapan 89%). Menurut peneliti bab I memiliki aspek tertinggi berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi (kelengkapan 100%), bab III dan bab VII dikatakan bahwa semua keterampilan abad 21 memiliki kelengkapan 100%.


Keywords


Analisis isi; BSNP; Keterampilan Abad 21; Geografi

Full Text:

PDF

References


Arafat, Gusti Yasser. 2019. Membongkar isi pesan dan media dengan content analysis. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):32.

BSNP. 2010. Laporan BSNP Tahun 2010. Jakarta.

BSNP. 2014. Lembar deskripsi instrumen buku siswa geografi.

BSNP dan Pusat Pembukuan. (2014). Instrumen penilaian tahap i dan tahap ii buku teks pelajaran pendidikan dasar dan menengah. http://bsnp-indonesia.org/?=1340

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandi Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqamah. 2020. Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2016. Standar isi pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Bagian Hukum Kepegawaian.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Panduan implementasi kecakapan abad 21 kurikulum 2013 di sekolah menengah atas. Jakarta.

Kusumam, Aliangga, Mukhidin, and Bachtiar Hasan. 2016. Pengembangan bahan ajar mata pelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 23(1):28–39.

Laar, Ester Van, Alexander J. A. M. Van Deursen, Jan A. G. M. Van Dijk, and Jos De Haan. 2017. The relation between 21st-century skills and digital skills or literacy: a systematic literature review. Computers in Human Behavior 1:1–42.

Laar, Ester Van, Alexander J. A. M. Van Deursen, Jan A. G. M. Van Dijk, and Jos De Haan. 2020. Poetics measuring the levels of 21st-century digital skills among professionals working within the creative industries: A performance-based approach. Poetics (April 2019):101434.

Nkechinyere, Martha, and Amadi Perpetua Ememe. 2016. Rethinking higher education curriculum in Nigeria to meet global challenges in the 21st century. The Development Of Higher Education in Africa: Prospeets and Challenges 21:459–83.

Peraturan Pemeritah. 2005. Standar nasional pendidikan. Jakarta.

Saputra, Yulian Widya. 2015. Pengembangan bahan ajar geografi pada kompetensi dasar memahami atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi kelas X SMA/MA semester II dengan menggunakan pendekatan keruangan. Jurnal Pendidikan Geografi 20 (2):53–60.

Sari, Eka Anjar, R. Sugiyanto, Heri Tjahjono, and Info Artikel. 2012. Penilaian kualitas buku teks pelajaran geografi sebagai sumber belajar bagi siswa SMA kelas XI di Kabupaten Temanggung. Edu Geography 1(1).

Singestecia, Regina, Eko Handoyo, and Noorocmat Isdaryanto. 2018. Partisipasi politik masyarakat Tionghoa dalam pemilihan kepala daerah di Slawi Kabupaten Tegal. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 2(1):63–72.

Widener, Jeffrey M., Travis Gliedt, and Tziganuk Ashlee. 2016. Assessing sustainability teaching and learning in geography education. International Journal Of Sustainability in Higher Education 17(5):1–34.

Widodo, Arif, Dyah Indraswati, and Muhammad Sobri. 2019. Analisis nilai-nilai kecakapan abad 21 dalam buku siswa SD/MI kelas V sub bab tema 1 manusia dan lingkungan. Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(2):125–33.

Yusliani, Erlina, Hanana Laila Burhan, and Nurul Zakiatin Nafsih. 2019. Analisis integrasi keterampilan abad ke-21 dalam sajian buku teks fisika SMA kelas XII semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) 3(November):184–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v26i12021p048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats