Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review

Siti Azizah Susilawati, Salma Lutfiani Sochiba

Abstract


Learning Geography in the classroom is less effective, so learning strategies are required. The outdoor study strategy is a type of learning strategy in which teaching and learning activities take place outside of the classroom. The purpose of this systematic review is to identify outdoor study learning in Geography in high school. This is a qualitative study using a systematic review method. Narrative analysis is used in this research design. The findings of a study on outdoor study learning in Geography subjects at the high school level have been widely applied to environmental and sustainable development materials, which were obtained in 7 journals (29 percent), and based on the research findings measured variables related to outdoor studies, namely learning outcomes, which were obtained in 19 journals (79 percent). Based on the findings of this systematic review, it is possible to conclude that the outdoor study strategy can be used at all levels of education. Furthermore, the outdoor study strategy can increase activity, enthusiasm, motivation, responsibility, respect for others, care for the environment, make it easier for students to understand the material, and improve learning outcomes. learners.

Pembelajaran Geografi kurang efektif jika dilakukan di dalam kelas sehingga membutuhkan strategi pembelajaran. Strategi outdoor study merupakan suatu strategi pembelajaran dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan diluar kelas. Penelitian systematic review ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode systematic review. Desain penelitian ini menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi di jenjang SMA banyak diterapkan pada materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan diperoleh 7 jurnal (29 persen), dan berdasarkan variabel hasil penelitian yang diukur terkait outdoor study yaitu hasil belajar diperoleh 19 jurnal (79 persen). Berdasarkan systematic review ini dapat disimpulkan bahwa strategi outdoor study dapat diterapkan pada semua tingkat satuan pendidikan selain itu, melalui strategi outdoor study dapat meningkatkan keaktifan, semangat, motivasi, tanggung jawab, menghargai sesama, peduli lingkungan, memudahkan siswa memahami materi, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


learning strategy; outdoor study; Geography; systematic review; strategi pembelajaran; outdoor study; Geografi; systematic review

Full Text:

PDF

References


Andini, N. F. (2018). Pengaruh pembelajaran outdoor study terhadap sikap kepedulian lingkungan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi STKIP Ahlussunah Bukittinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 109–118.

Anggini, A. (2016). Pemanfaatan Pantai Ayah sebagai sumber belajar Geografi kelas X materi pokok hidrosfer SMA Negeri Sumpiuh tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Geografi Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 13(2), 114–126. https://journal.unnes.ac.id/nju/-index.php/JG/article/¬view/¬7970

Anggreni, D., Tampubolon, B., & Sugiarto, A. (2018). Pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar pada pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–8.

Arianti, S. (2013). Penggunaan metode outdoor study dan metode konvensional dengan media slide power point pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Meretas, 4(4), 126–136.

Awal, S., & Masruri, M. S. (2019). Pemanfaatan batu angus di Lereng Timur Gunung Gamalama Pulau Ternate sebagai media pembelajaran Geografi di SMA. Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 17(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/gm.v17i1.28294

Becker, C., Lauterbach, G., Spengler, S., Dettweiler, U., & Mess, F. (2017). Effects of regular classes in outdoor education settings: A systematic review on students’ learning, social and health dimensions. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(5), 1–20. https://doi.org/-10.3390/¬ijerph14050485

Chepy, I. (2013). Kontribusi motivasi belajar dan kreativitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir geografis. Jurnal Geografi Gea, 13(1).

Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675

Demiris, G., Oliver, D. P., & Washington, K. T. (2019). Behavioral intervention research in hospice and palliative care. In Building an Evidence Base (pp. 27–39). Elsevier.

Hanifah, L., & Santoso, A. B. (2015). Pemanfaatan Rawa Pening sebagai sumber belajar Geografi dengan pendekatan scientific untuk kelas X IPS SMA N 1 Ambarawa. Edu Geography, 3(5), 51–57.

Hayani, S., & Santoso, A. B. (2015). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar outdoor study pada mata pelajaran Geografi materi lingkungan hidup kelas XI-IPS di SMA Negeri se-Kabupaten Pekalongan. Edu Geography, 3(8), 27–33.

Heriyanto, H. (2018). Thematic analysis sebagai metode menganalisa data untuk penelitian kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 2(3), 317–324.

Husamah, H. (2013). Pembelajaran luar kelas (outdoor learning). Prestasi Pustaka Raya.

Indriani, D. (2020). Perbedaan hasil belajar kelas yang menggunakan metode outdoor study dan metode ekspositori pada mata pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 66–80.

Jendra, I. K., Wesnawa, I. G. A., & Suryadi, M. (2014). Implementasi model contextual teaching and learning berbantuan outdoor study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi siswa kelas XB di SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 2(3), 1–11.

Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar Geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 475–479.

Mahati, R. S., & Sanjoto, T. B. (2020). Pemanfaatan fenomena geologi kawasan Guci sebagai sumber belajar outdoor study materi pokok litosfer kelas X SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal tahun 2018/2019. Edu Geography, 8(1), 73–78.

Maulidiyahwarti, G., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh model problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 94–100.

Miller, B. (2017). Outdoor learning. In The SAGE Encyclopedia of Out of School Learning. Thousand Oaks.

Nababan, H. (2019). Penerapan model pembelajaran outdoor activity dalam meningkatkan hasil belajar Geografi. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 13–18.

Nalisa, G., Hariyanto, H., & Suroso, S. (2018). Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kontekstual menggunakan model jelajah alam sekitar pada mata pelajaran Geografi materi atmosfer di SMA Negeri 1 Kejobong. Edu Geography, 6(2), 89–92.

Nofrion, N. (2018). Karakteristik pembelajaran Geografi abad 21 (pp. 1–19). INA-Rxiv Papers. https://doi.org/¬10.31227/¬osf.io/kwzjv

Nurlinah, N., Leo, M. N. Z., & Badwi, N. (2017). The effectively of PAILKEM learning strategy in outdoor study method for the Geography learning achievement of the students in class XI IPS SMA Negeri 1 Tanete Rilau Barru. UNM Geographic Journal, 1(1), 1–7.

Pajarudin, P. (2019). Peningkatan motivasi belajar melalui strategi permainan kartu domino pada mata pelajaran PKN di SMP. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 14–26.

Pertiwi, J. (2019). Systematic review: Faktor yang mempengaruhi akurasi koding diagnosis di rumah sakit. SMIKNAS, 41–50.

Purnomo, A. (2015). Pengaruh pembelajaran outdoor terhadap pengetahuan, dan sikap pelestarian lingkungan mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 20(1), 37–47. http://¬www.elsevier.com/¬locate/scp

Rasmilah, I. (2016). Pembelajaran outdoor study untuk membentuk kepedulian lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 13(1).

Rasweda, V., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh group investigation berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 87–93.

Rochmatun, H., Sriyanto, S., & Setyaningsih, W. (2018). Efektivitas penggunaan metode ceramah variasi bermediakan slide power point dan metode outdoor study pada mata pelajaran Geografi materi hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Pangkah tahun 2018. Edu Geography, 6(3), 189–197.

Rosyida, F., Wirahayu, Y. A., & Insani, N. (2019). Effectiveness of project-based learning combined with outdoor study on students’ mental map. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 3(2), 137–142.

Rustam, S., & Santoso, A. B. (2015). Penerapan metode outdoor study pada pembelajaran Geografi kelas X IPS MA Al Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun 2014/2015. Edu Geography, 3(8), 72–79.

Sejati, A. E., Amaluddin, L. O., Hidayati, D. N., Kasmiati, S., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2017). The effect of outdoor study on the Geography scientific paper writing ability to construct student character in Senior High School. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference, 100, 104–108. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.22

Sejati, A. E., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5804

Urfan, F., Darsiharjo, D., & Sugandi, D. (2018). Geo-literacy between school environment and students spatial intelligence. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1), 12044.

Utami, W. S., & Zain, I. M. (2018). Geography literation to improve spatial intelligence of high school student. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 12173.

Wara, H., Pargito, P., & Sudarmi, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar Geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 3(6).

Widiani, A., & Hastuti, H. (2018). Efektivitas studi lapangan di kawasan mangrove dalam meningkatkan hasil belajar Geografi pada siswa SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 12–19.

Wulandari, S., Azis, M., & Hamzah, H. (2016). Pengaruh media berbasis lingkungan terhadap hasil belajar murid kelas V SD Inpres Karunrung. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 1(2), 106–120. https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i2.1074

Yahini, Y. (2015). Efektifitas pengelolaan pembelajaran kewirausahaan melalui metode out door study dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. Manajer Pendidikan, 9(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats