Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

Nurul Mustovidah, Teguh Pribadi, Marni Marni

Abstract


There is the general consensus regarding the school library utilization and the learning motivation have a contribution to the learning outcome. Neverthenless, both the school library utilization and the learning motivation increase learning outcome remain were not answered, especially at public senior high school students in Palangka Raya. Some research in this study was conducted still partially and only have few students involved. The purpose of this study was to test contribution of school library utilization and learning motivation to geography learning outcome for state senior high schools 4 Palangka Raya. On the data survey on 115 participants - students of X grade of major social science in SMA Negeri 4 of Palangka Raya was chosen, a questionnaire of the school library utilization and the learning motivation was distributed. Besides, results of the formative test were adopted to measure learning achievement of geography subject. All scores were obtained then ranked in three classes. A multiple linear regression was performed to test contribution two independent variables on learning outcome of geography subject. We find the school library utilization contribute to learning outcome but not in learning motivation. In addition, the school library utilization and the learning motivation enhance effectively on learning outcome of geography subject although less. However, further studies on the school library contribution as learning resources are highly recommended to support present study.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018122


Keywords


hasil belajar, motivasi belajar, pemanfaatan perpustaan sekolah, pelajaran geografi

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Bafadal, I. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono. 2007. Pengembangan Perpustakan Sekolah sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1 (1): 1-10.

Dinastiti, V. D. 2011. Hubungan Minat Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat I Program Studi Kebidanan STIKES Karya Husada Pare Kediri. Tesis diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Elyasib. 2011. Eksperimen Pembelajaran Koopertaif Tipe STAD Berbantuan Komputer pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Kota Palangkaraya Tahuan Ajaran 2010/2011. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Fauziyatun, N. 2014. Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 19. Semarang: BP Undip.

Harwanto, S. 2006. Korelasi Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi di Perpustakaan dengan Prestasi Belajar Geografi Kelas X SMAN 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Khafid, M. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar akuntansi: motivasi belajar sebagai variabel intervening. Lembaran Ilmu Pendidikan, 37 (1): 46-54.

Lenawati, A., & Siswanto. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2 (1): 37-71.

Mangkuatmodjo, S. 1997. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasrun, A.R. 2015. Psikologi Belajar. Al-Fikrah, 6: 177-184.

Nento, H., Yusuf, M., Zainuri, A. 2013. Hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X di SMA Negeri 1 Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. KIM Fakultas Matematika dan IPA, 1 (1): (tanpa halaman).

Nurhayani, Sudarmiatin, Sunaryanto. 2017. Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Jurnal Pendidikan, 2 (1): 1443-1449.

Pamuja, I. A., & Sulistinah. 2014. Pengaruh media powerpoint dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar bidang studi geografi KD 3.2. menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi Kelas X SMA Negeri 1 Lamongan. Swara Bhumi, 3 (3): 102-111.

Prasetyo, M., dkk. 2013. Faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai prasarana belajar siswa SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (10): (tanpa halaman).

Prayantini, N. L. D., dkk. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Undiksha dalam Menunjang Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2010-2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4 (1): (tanpa nomor halaman).

Reid, G. 2009. Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. Jakarta: Indeks.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Saifullah, B. S. 2011. Hubungan antara Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kabupaten Ponorogo. Tesis diterbitkan. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Sallis, E 2006. Total Quality Management in Education: Model, Teknik, dan Implementasinya. Terjemahaan: Riyadi, A & Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCISOD.

Sukmawati, Rizal. Y., Rusman, T. 2014. Pengaruh motivasi dan pemanfaatan perpustakaan melalui sikap terhadap hasil belajar IPS terpadu. Jurnal Edukasi Ekobis, 2 (3): (tanpa nomor halaman).

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia.

Surapranata, M. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, P. M., & Subekti, P. 2010. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Widodo, S. 2016. Pengaruh kemandirian belajar dan sarana perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar praktek pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan,4 (2): 214-224.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p122-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurul Mustovidah, Teguh Pribadi, Marni Marni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats