Pengaruh Formasi Geologi terhadap Potensi Mata Air di Kota Batu

Didik Taryana

Abstract


Abstrak: Salah satu sumberdaya alam yang sangat potensial untuk dieksplorasi dan meningkatkan pendapatan asli daerah adalah potensi mata air yang digunakan untuk suply air bersih penduduk. Peningkatan kebutuhan air bersih sangat dipengaruhi oleh yaitu karakteristik penduduk, kepadatan penduduk, letak daerah, penggunaan lahan serta keadaan iklim. Faktor yang mempengaruhi potensi air tanah adalah kondisi daerah resapan terutama tata guna lahan yang berpengaruh langsung terhadap begian air hujan yang masuk kedalam tanah sebagai sumber air tanah dan Geologi (formasi batuan) yang bersifat permeable berbeda dibandingkan pada batuan intrusi yang bersifat impermeable serta bentuk lahan dan kemiringan lereng (topografi) juga mempengaruhi potensi air dalam tanah.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v20i22015p009


Keywords


Formasi geologi, Potensi, Recharge Area.

Full Text:

PDF

References


Asdak, Chay. 2002. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahardjo, N., Purnama, S. & Sulaswono, B. 2008. Pemetaan Potensi Mata Air di Pulau Bali.Jurnal Teknik Lingkungan, (Online), 4 (2): 105-118, (http://m.Tek.Ling.com/ pemetaan potensi mata air di pulau Bali/, diakses 16 Desember 2011.

Samekto, C dan Winata, E.S. 2010. Potensi Sumber Daya Air di Indonesia. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Penyediaan Air Bersih untuk Kabupaten/Kota di Indonesia, Jakarta, 16 Juni 2010, (http://www.Bappenas.co.id/potensi Sumber Daya Air Indonesia.pdf), diakses 23 Februari 2012.

Sari, D. C. 2010. Air Bersih: Understanding Infrastructure, George Rainer, (Online), (http: chapter-1-water-supply-Diah_cahyani.pdf), diakses 23 Februari 2012.

Sudarmadji, 2007. Pembangunan Berkelanjutan, Lingkungan Hidup dan Otonomi Daerah. Yogyakarta: Seminar dalam Rangka DIES UGM ke 58.

Suratman Worosuprojo, 2009. Gerakan Peduli Lingkungan Sebuah Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Yoyakarta : Seminar Nasional dan Temu Akbar IMAHAGI di UNY.

Sunaryo, T dan Walujo, T. 2004. Pengelolaan Sumber Daya Air Konsep dan Penerapannya. Malang: Bayumedia Publishing.

Philipus M. Hadjon. 2001. Aspek Hukum Otonomi Daerah. Surabaya: ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v20i2.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

               

View My Stats