Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang
Abstract
Abstrak: Model pembelajaran Treffinger digunakan untuk membelajarkan mahasiswa berpikir kritis dan kreatif melalui teknik divergen, analogi, hingga melalui pemecahan masalah kreatif.Keunggulan utama model ini terletak pada bagaimana model ini memadukan antara proses berpikir konvergen (kritis) dan divergen (kreatif). Adanya perpaduan kedua tipe berpikir tersebut membuat model ini efektif dalam membuat kemampuan berpikir kritis dan kreatif berkembang. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semudengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata ujian tengah semester mahasiswa dan instrumen pengukurannya menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berpikir kritis dan kreatif berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan programSPSS 16.0 for Windows.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen yaitu sebesar 30,9 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15,2. Rata-ratagain score kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 30,3 sedangkan kelas kontrol sebesar 17,2. Selanjutnya hasil analisis uji t independen sample t test menunjukkan bahwa pada model pembelajaran Treffingerdiperoleh p-level 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima sehingga ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Sri. 2012. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang Pada Matakuliah Hidrologi. Tesis.Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana UM.
Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Arieti, Salvano. 1976. Creativity: The Magic Synthesis. New York: Mc
Graw-Hill International Book Co. Coreobima, AD. 2010. Berdayakan keterampilan berpikir selama pembelajaran sains demi masa depan kita. Makalah disajikan pada seminar nasional UNESA.
Bono, Edward De. 1991. Lateral Thinking (Berpikir Lateral). Alih bahasa oleh Sutoyo. Jakarta: Airlangga.
Porter De. 2002. Quantum learning. Bandung: Kaifa.
Guilford, J. P. 1981. Fundamental Statistics in Psychologi and Education. New York: Mc Graw-Hill International Book Co.
Hastings, D. 2001. Cased Study Problem Based Learning and the Active Classroom, (Online),
(http://www.Cstudies.ubc.ca/facdev/services/newsletter/indeks/html), diakses 15 April 2015.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juwarsa, Isa . 2001. Efektivitas Pembelajaran Kelompok Bermain dalam Mengambangkan Kreativitas di Sanggar Belajar Cirebon Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
Liliasari. 2000. Model pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Sebagai Kecendrungan Baru Pada Era Globalisasi. Jurnal Pengajaran MIPA, 2 (1): 55-66.
Mahanal, Susriyati dkk. 2007. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD Pada Mata Pelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. (Online).(http://www.duniaguru.com-Portal Duniaguru Powered by Mambo Generated), diakses 7 November 2014.
Munandar, S.C.U. 2002. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Osborn, A. 1963. Applied Imagination. New York: Scribners.
Purwanto. 2007. Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Geografi. Malang: UM Press.
Rawlingson, J.G. 1981. Creative Thinking and Brainstorming. New York: Halstead Press.
Semiawan, Cony dkk. 1987. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia.
Torrance. 1980. Creative Learning and teaching. New york: Mass, Gin Company.
Treffinger, D.J. 1980. A Preliminary Models of Creative Learning. Gifted child Quarterly, 24f, 127-138.
Williyatimas. 2005. Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SMP Ditinjau dari Peringkat Sekolah. Desertasi. Bandung: Pascasarjana UPI.
Wulandari, Nadiah., Sjarkawi. & M.Damris. 2011. Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(1): 14-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v20i2.290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
JPG Indexed By:
View My Stats