Pengaruh Kombinasi Model Problem Based Learning dengan Team Games Tournament Terhadap Hasil dan Minat Belajar Geografi Siswa MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung

Rka Hajizah Purba, Achmad Fatchan, Singgih Susilo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Team Games Tournament terhadap hasil dan minat belajar siswa kelas XI IPS MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pre-test post-test non equaivalent control group design. Variabel bebas yang digunakan adalah kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Team Games Tournament, variabel terikat yang digunakan adalah hasil dan minat belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Subjek utama sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 1 dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Team Games Tournament,dan sebagai kelas kontroladalah kelas XI IPS 2 dengan menggunakan ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah soal, sedangkan untuk mengukur minat belajar adalah angket. Kedua instrumen diuji validasi terlebih dahulu oleh ahli. Uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda diperuntukkan instrumen hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANAKOVA dengan taraf signifkansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh mean hasil belajar antara kelas eksperimen dengan ke-las kontrol, t = 4,509 dan signifikansi dua ekor 0,000, sehingga p < 0,05; 2) ada pengaruh minat belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, nilai t = 5,854 dan signifikansi dua ekor 0,000, sehingga p < 0,05.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v21i12016p044


Keywords


Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Team Games Tournament, Hasil Belajar, Minat Belajar.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Bejo. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning trhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Devries. 1976. Teams-Games-Tournament: A Gaming Technique That Fosters Learning. Simulation

Gaming 1976 7: 21. DOI: 10.1177/104687817600700102. (online), (http://sag.sagepub.com/content/7/1/21. Diakses 15 Agustus 2015.

Ehlers, Valerie. 2004. Teaching Aspects of Health Care. South Africa: Juta Academic.

Mirza, M. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan dengan PTK Melalui Perpaduan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dan Turnamen Permainan Tim pada Siswa Kelas X SMA Al-Islam 2 Surakarta. Jurnal. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soemanto, Wasty. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Utami, Dian. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v21i1.299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats