Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor Untuk Siswa Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas

Andi Irwan Benardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menyusun naskah dongeng tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor, mendesain dan membuat pop up book tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor, dan mengetahui tingkat efektivitas metode mendongeng dengan media Pop Up book dalam pendidikan kesiapsiagan bencana tanah longsor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling  pada kelas rendah, sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan  kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan desain dan susunan naskah dongeng sesuai untuk anak usia PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Desain dan pembuatan pop up book disesuaikan dengan naskah dongeng dan mempertimbangkan unsur gerak serta unsur tiga dimensi, dan tingkat efektivitas penerapan metode mendongeng dengan media Pop up book dalam pendidikan kesiapsiagaan bencana tanah longsor untuk siswa PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas termasuk dalam kategori efektif dengan nilai gain sebesar 0,528 atau dalam kategori efektivitas sedang.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p085


Keywords


Environment, nature of geography, study tour method, student’s study value

Full Text:

PDF

References


Akhmad Erfin F, Apik Budi S, dan Juhadi. 2017. Pelaksanaan Program Siaga Bencana di Sekolah Menengah Pertama pada Kawasan Rawan Bencana. Dalam Edu Geography. No 3. Hal 86-95

Badan Pusat Statistik. 2010. Jumlah dan Distribusi Penduduk. http://sp2010.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik. 2014. Kecamatan Bergas dalam Angka 2013. Semarang: BPS Jateng.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja RoPAUDakarya.

Hidayah Eka N, Tukidi, Apik Budi S. 2015. 'Efektivitas Model Pembelajaran Simulasi Berbantuan Permainan Geo Explore pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Semarang’. Dalam Edu Geography. No. 4. Hal 51.

Kurniawan, L., dkk. 2014. IRBI: indeks Risiko Bencana Indonesia. Sentul: Direktorat Pengurangan Risiko Bencana Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

Meltzer, D. E. 2002. ‘The Relationship between Mathematics Preparation and Learning Gains in Physic: A Possible “Hidden Variable” Pretest Scores’. Dalam AM. J. Phys. No 70. Hal 1259-1268.

Mustofa, Bisri. 2015. Melejitkan Kecerdasan Anak melalui Dongeng. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Sinambela, Pardomuan N.J.M. 2008. ‘Faktor-faktor Penentu Keefektivan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction')’. Dalam Generasi Kampus. No 2. hal 74-85.

Sugiyono, 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p85-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Andi Irwan Benardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats