Analisis Kandungan Logam Berat Hg dan Cu Terlarut di Perairan Pesisir Wonorejo, Pantai Timur Surabaya

Syarifah Hikmah Julinda Sari, Jessica Feibe Ambar Kirana, Guntur Guntur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat Hg dan Cu terlarut di badan air Perairan Pesisir Wonorejo, Pantai Timur Surabaya serta menganalisis faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Penelitan dilaksanakan pada bulan April 2015 dengan menetapkan tiga titik pengambilan sampel air. Pada setiap titik sampel air diambil pada bagian permukaan, tengah dan dekat dasar perairan. Parameter yang diukur meliputi logam berat terlarut Hg dan Cu, TSS, suhu, salinitas, pH, DO, dan turbiditas. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik (Analisis Komponen Utama dan Korelasi Pearson). Konsentrasi Hg dan Cu pada badan air  Perairan Pesisir Wonorejo telah melebihi baku mutu yang ditetapkan,  namun konsentrasi parameter lingkungan TSS, suhu, salinitas, pH dan DO masih tergolong baik. Konsentrasi Cu2+ terlarut cenderung semakin menurun seiring dengan pertambahan kedalaman dan kembali meningkat di dasar kolom air sedangkan konsentrasi Hg2+ terlarut semakin meningkat seiring dengan pertambahan kedalaman. Salinitas merupakan faktor lingkungan yang berkontribusi menentukan keberadaan logam berat terlarut Hg dan Cu.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i12017p001


Keywords


Pencemaran, Perairan Pesisir, Wonorejo, Logam Berat Terlarut.

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, Ardi. 2009. Konsentarasi Kadmium (Cd) dan Tembaga (Cu) dalam Air, Seston, Kerang dan Fraksinasinya dalam Sedimen di Perairan Delta Berau, Kalimantan Timur. Skripsi. Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB.

Bogor. APHA (American Public Health). 1998. Standard Methods for Examination of Water and Wastewater. 20th Edition. Washington DC.

Bengen, D. 2001. Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. IPB. Bogor

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Kanisius: Yogyakarta.

Guliyev, J. A., Hadjiyeva, S. R., Ghorbanpour, Sh., Aminbekov, A. F., Guseynli, A. G. 2014. Study of Vertical Distribution of Heavy Metals in the Border-Bottom Water in the Area of the Apsheron Peninsula. Int. J. of Bsc. Sc & App. Rsch. 3 (9): 606-610. Sumedang. Jurnal Iktiologi Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Juni 2003

Herdianto, Y. A., Lisyastuti, E., Najmiyati, E., Gani, Y. Y., 2003. Pengaruh Pemaparan Cd dan Cu terhadap Abnormalitas Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus carpio, Linn). Universitas Padjadjaran : Sumedang. Jurnal Iktiologi Indonesia, Volume 3, Nomor 1, Juni 2003

Hutagalung, H. P., D. Setiapermana dan S. H. Riyono. 1997. Metode Analisis Air Laut, Sedimen dan Biota. Buku 2. Puslitbang Oseanologi. LIPI. 182 hal.

Marganof. 2007. Model Pengendalian Pencemaran di Danau Maninjau Sumatera Barat. IPB. Bogor.

Nontji, Anugerah. 2007. Laut Nusantara. Djambatan. Jakarta

Maslukah, Lilik. 2006. Konsentrasi Logam Berat Pb, Cd, Cu dan Zn dan Pola Sebarannya di Muara Banjir Kanal Barat, Semarang. Thesis. IPB. Bogor.

Maslukah, Lilik. 2013. Konsentrasi Logam Berat (Pb, Cd. Cu, Zn) Terlarut, dalam Seston, dan dalam Sedimen di Estuari Banjir Kanal Barat, Semarang. Akuatik-J. Sbdy. Perairan. 2 (1): 1-4.

Mokoagouw, Dolfie. 2000. Kajian Peredaran Logam Berat (Hg, Cd, Pb, Cu, dan Zn) pada Perairan Pantai di Kodya Bitung Propinsi Sulawesi Utara. Repository IPB. Bogor.

Patty, W., Tarumingkeng, Adrie. 2007. Variasi Temporal dari Penyebaran Suhu di Muara Sungai Sario. J. I. Kelautan. 12 (2): 73-78.

Sunarto. 2008. Peranan Cahaya dalam Proses Produksi di Laut. Karya Ilmiah. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Saputra, H. K. 2009. Karakteristik Kualitas Air Muara Sungai Cisadane Bagian Air Tawar dan Payau di Kabupaten Tangerang, Banten. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB. Bogor.

Surbakti. 2011. Analisis Logam Berat Kadmium (Cd), Cuprum (Cu), Kromium (Cr), Ferrum (Fe), Nikel (Ni), Zinkung (Zn) pada Sedimen Muara Sungai Asahan di Tanjung Balai dengan Metode Spektro-fotometri Serapan Atom (SSA). Thesis. Universitas Sumatera Utara. Medan. (Tidak diterbitkan)

Taftazani, Agus. 2007. Distribusi Konsentrasi Logam Berat Hg dan Cr pada Sampel Lingkungan Perairan Surabaya. Prosiding PPI -PDIPTN. Pustek Akselerator dan Proses Bahan. Yogyakarta.

Vangronsveld, J., Clijsters, H., 1994. Toxic effects of metals, in: Plants and the Chemical Elements: Bio-chemistry, Uptake, Tolerance and Toxicity. VCH Publishers, Weinheim, pp. 150–177.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v22i1.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats