Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Pendekatan Saintifik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran geografi berbasis pendekatan saintifik. Terdapat beberapa pertimbangan dalam menentukan modul sebagai bahan ajar, yaitu kebutuhan kurikulum, guru, dan karakterisitik peserta didik. Penelitian ini mengadopsi model Penelitian dan Pengembangan Borg & Gall dan dibatasi sampai dengan langkah kelima. Modul ini divalidasi berdasarkan aspek materi, bahasa, dan desain. Uji coba dilakukan pada 12 peserta didik kelas X8 MAN Kota Batu pada semester genap 2016/2017. Hasil validasi dan uji coba dijadikan sebagai acuan perbaikan dan penentuan kualitas modul. Berdasarkan hasil uji coba, secara umum (91,7%) respon peserta didik terhadap kualitas modul berada pada kategori sangat baik. Kriteria tersebut menunjukkan bahwa modul dapat diterima oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa modul yang dihasilkan berkualitas baik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Dirjen Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah
Gunawan, Rudi. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Geografi Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 69 Tahun 2013 tentang Standar Isi. Jaringan dokumentasi dan informasi Badan standar Nasional pendidikan. (Online),(http://muna.staff.stainsalatiga.ac.id). Diakses 14 Maret 2015
Purwanto, Edy, dkk. 1996. Validasi Bahan Ajar IPS Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 1994 Di Jawa Timur. Malang: LEMLIT IKIP Malang
Wahyuni, Etty. 2013. Pengembangan Modul Geografi Model Depdiknas Pada Kompetensi Sumber Daya Alam Kelas XI SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v22i1.376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
JPG Indexed By:
View My Stats