Variasi Temporal Kandungan HCO3- Terlarut pada Mataair Sendang Biru dan Mataair Beji di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Kecamatan Gedangan

Randhiki Gusti Perdana, Nelya Eka Susanti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) menganalisis variasi temporal HCO3- pada mataair Sendang Biru, (2) menganalisis variasi temporal HCO3- pada mataair Beji. Penelitian ini dilakukan di kawasan Karst Malang Selatan yang terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Kecamatan Gedangan. Teknik pengumpulan data mengacu pada periode pengambilan data mingguan yang dilakukan dengan interval waktu dua minggu selama satu tahun. Teknik pengambilan data dilakukan dengan variasi waktu yang konstan dan lintas musim. Pengambilan data menggunakan pH meter untuk mengukur keasaaman air dan alkalinity test kit untuk mengukur HCO3- terlarut pada mataair. Data hasil pengukuran diolah dan dilakukan analisis variabilitas HCO3-. Hasil penelitian menunjukkan (1) konsentrasi HCO3- rata-rata tahunan mata air Sendang Biru sebesar 415,04 mg/l, (2) sedangkan konsentrasi HCO3- rata-rata tahunan mata air Beji sebesar 508,70 mg/l.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i12017p016


Keywords


laju pelarutan, batugamping, karst, Malang Selatan.

Full Text:

PDF

References


Appelo, C.A.J., Postma, D., 1993, Geochemistry, groundwater, and pollutan, Rotterdam: A.A. Balema.

Haryono, E. Day, M., 2011, Landform Differentiation Within the Gunung-kidul Kegel karst, Java, Indonesia. Journal of Cave and Karst Studies, Agustus. V. 66, no.2, p.62-69.

Oktama, Roza .2014. Karakterisasi Akuifer Karst Mataair Ngeleng dengan Pendekatan Variasi Temporal Sifat Aliran dan Hidrogeokimia. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM.

White, W.B., 1988, Geomorphology and Hydrology of Karst Terrains, New York: Oxford University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v22i1.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats