Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa

Yuswanti Ariani Wirahayu, Hendri Purwito, Juarti Juarti

Abstract


Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang secara khusus mengembangkan kemampuan berpikir divergen. Dalam penelitian ini, model pembelajaran Treffinger digunakan dalam pembelajaran melalui teknik-teknik kreatif. Mulai dari teknik yang sederhana pada tingkat pertama hingga yang majemuk melalui pemecahan masalah kreatif pada tingkat ketiga. Kreativitas bagi mahasiswa merupakan salah satu sarana untuk aktualisasi diri. Berpikir divergen bersifat luas yang mencirikan kelancaran, keluwesan, dan kebaruan. 

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir divergen mahasiswa. Penelitian dilakukan di Program Studi S1 Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Tahun 2016/2017 pada matakuliah Geografi Sosial. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 kelas G sebagai kelas eksperimen dan kelas H sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian posttest Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah berpikir divergen dan variabel bebasnya model pembelajaran Treffinger. Instrumen pengukuran kemampuan berpikir divergen menggunakan tes essay. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, rata-rata kemampuan berpikir divergen mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 80,72 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan skor 75,73. Hasil analisis uji-t menggunakan independen sample t-test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu 0,002. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen mahasiswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen mahasiswa Geografi FIS Universitas Negeri Malang.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um17v23i12018p030


Keywords


Treffinger learning model; divergent thinking

Full Text:

PDF

References


De Bono, Edward. 2009. Lateral Thinking (Berpikir Lateral). Alih bahasa oleh Sutoyo. Jakarta: Airlangga.

Fasko, Daniel. Jr. 2000. Education and Creativity. Creativity Journal Bowling Green State University. Vol. 13, Nos. 3 & 4, 317–327.

Haryono, Ary Dwi. 2009. Pembelajaran Model Treffinger Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana UM.

Munandar, S.C. Utami. 2009. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Olson, Robert W. 1996. The Art of Creative Thinking (Seni Berpikir Kreatif).Alih bahasa oleh Alfonsus. Jakarta: Airlangga.

Pomalato, Sarson W.Dj. 2006. Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Model Treffinger. Mimbar Pendidikan, No. 1/XXV, hal.22-25.

Siswati, Anna. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Pembelajaran Model Treffinger Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Singosari. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: Program PascaSarjana UM.

Solso, Robert L. et,al. 2008. Psikologi kognitif. Jakarta : Penerbit Erlangga

Sudiarta. 2005. Pengembangan Kompetensi Berpikir Divergen Kritis Melalui Pemevahan Masalah Open-Ended.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Juli 2005.

Supriyono dan Hardika. 2011. Model Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How to Learn: Pengembangan dan Uji evektifitas Model untuk Peningkatan Kreativitas Belajar Mahasiswa dalam Mengeksplorasi Kompetensi Akademik untuk Kehidupan. Laporan Penelitian. Malang: LP2M UM Malang.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Treffinger, D.J. 1980. A Preliminary Models of Creative Learning. Texas: Prufrock Press Inc.

Williyatimas. 2005. Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SMP Ditinjau dari Peringkat Sekolah. Desertasi. Bandung: Pascasarjana UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i12018p30-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats