REVITALISASI PARADIGMA KONSERVATIF PENDIDIKAN DEMOKRASI PADA PKN DENGAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN

Abdinur Batubara, Cecep Darmawan

Abstract


Abstract : This article aimed to describe the conservative paradigm revitalization of democratic learning on civic education (PKn) direction using the Innovation of Digital Democracy Learning Media (IMPDD). The process using quantitative descriptive approach to the design of classroom action research. Data collection tools using techniques of observation and questionnaires. The study population is a class XI student of SMAN 1 Medan with samples of class XI-MIA 7. Results showed 99.3% of students (respondents) responded strongly agree on IMPDD. While teachers tutor (Respondent) gave a very good score at the interval IMPDD. Thus it can be a factor IMPDD imperative to build an effective learning paradigm Civics in school

Abstrak : Kajian ini bertujuan mendeskripsikan revitalisasi paradigma konservatif pembelajaran demokrasi pada pendidikan kewarganegaraan (PKn) ke arah yang Innovatifdengan menggunakan Inovasi Media Pembelajaran Demokrasi Digital (IMPDD). Proses yang ada menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan tehnik observasi dan angket. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1 Medan dengan sampel kelas XI-MIA 7. Hasil kajian menunjukkan bahwa 99,3% siswa (responden) merespon sangat setuju pada IMPDD. Sedangkan guru pamong (responden) memberi skor sangat baik pada interval keberhasilan IMPDD. Dengan demikian maka IMPDD dapat menjadi faktor imperative untuk membangun paradigma pembelajaran PKn yang efektif di sekolah

 

DOI : http://dx.doi.org/10.17977/um019v2i22017p081


Keywords


revitalization; democracy; citizenship education; learning media innovation

Full Text:

PDF

References


Creswell, J, W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Kencana.

Setiawan, D. 2014. Kapita Selekta Kewarganegaraan. Medan : Cahaya Ilmu Press.

Somantri, M.N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Wahab, A.A, dan Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. UPI : Press SPs UPI.

Winataputra, U.S. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan : Refleksi Historis-Epistimologis dan Rekonstruksi Untuk Masa Depan. Banten : Universitas Terbuka.

Trujillo, G & Tanner, K.D. 2014. Considering the Role of Affect in Learning : Monitoring Students’ Self-Efficacy, Sense of Belonging, and Science Identity. CBE—Life Sciences Education Vol. 13, 6–15, Spring 2014. doi: 10.1187/cbe.13-12-0241


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats