Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik melalui Pengambangan Modul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Akidah Akhlak

Mohammad Ali Burhan

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan bahan ajar berbentuk modul PPKn terintegrasi Akidah Akhlak sebagai upaya penguatan karakter religius siswa. Prosedur yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan mengacu pada langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul PPKn terintegrasi Akidah Akhlak ini valid, mampu digunakan dalam upaya penguatan karakter religius peserta didik. Kevalidan modul diketahui dari hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata sebesar 93,09 dan oleh ahli materi skor rata-rata sebesar 86,58 sedangkan ahli pembelajaran dilapangan skor rata-rata 87,74. Modul PPKn terintegrasi akidah akhlak juga mampu meningkatkan karakter religius peserta didik. Rata-rata karakter religius peserta didik meningkat dari kategori berkembang menjadi kategori membudaya. Rata-rata karakter religius meningkat, dengan skor dari 78 menjadi 83. Hal tersebut mengindikasikan bahwa telah terjadi perubahan yang signifikan antara karakter religius sebelum dan sesudah diterapkan modul pembelajaran yang dikembangkan.


Keywords


modul PPKn terintegrasi AA, Penguatan Karakter Religius

Full Text:

PDF

References


Damayanti, E., Yunus, S. R., & Sudarto. (2016). Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmath, 5(2), 175-185.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran

Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Edusains, 4(2), 94-103.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 119-126.

Kuswono & Khaeroni, C. (2017). Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan Indonesia Terintegrasi Nilai Karakter Religius. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(1), 31-44.

Lusiana, D., & Lestari, W. (2013). Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa Mata Pelajaran PKn SMK. Journal of Educational Research and Evaluation, 2(1), 1-6.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murdiono, M. (2016). Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran

di SMP. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 167-184.

Nurjanah, F., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terintegrasi Nilai-Nilai Islam dan Saing untuk Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 3(2), 178-181.

Prastowo, A. (2014). Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Rachman, M., & Wahono, M. (2018). Bursa Nilai: Model Penumbuhan Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 89-99.

Ramdani, E., & Marzuki. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran terhadap Sikap Religius Siswa pada Mata Pelajaran

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 37-48.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Tambahan Lembaran Negara Republik

Indonesia Nomor 4301.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widodo, C. S., & Jasmadi. (2013). Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Yunita, I. E., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter pada Materi Jurnal

Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(1), 1-6.

Zamroni. (1992). Pengantar Pengembangan Ilmu Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i3p720-728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats