Hubungan Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Media Sosial dengan Sikap Toleransi pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Pendidikan Kewarganegaraan: Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian maupun Pemikiran Kritis, 7(1), 33-48.
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial sebagai Media Informasi Pendidikan bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76
Andarwati, I. (2016). Citra Diri Ditinjau dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(3), 1-12.
Arifin, Z., Handayani, E. P., & Virdaus, S. (2022). Deradikalisasi Pluralisme Pemahaman terhadap Ideologi Pancasila melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 161-170.
Basyir, A. A. (2013). Akidah Islam: Beragama secara Dewasa. Yogyakarta: UII Press.
Dewi, E. R. (2020). Hubungan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 41-49. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.586
Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12-24.
Gunawan, A. H. (2010). Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Musawa, 7(2), 265-282.
Kamlasi, A. Y., & Kusdarini, E. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Penguatan Sikap Toleransi Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 738-747.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sikap Toleransi di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Landale, N. S., McHale, S. M., & Booth, A. (2013). Families and Child Health. New York: Springer.
Lestari, Y. P. (2019). Toleransi dalam Bermedia Sosial. Diakses dari http://penulis.ukm.um.ac.id/esai-toleransi-dalam-bermedia-sosial/.
Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331-5341.
Muawanah. (2018). Pentingnya Pendidikan untuk Tanamkan Sikap Toleran di Masyarakat. Jurnal Vijjacariya, 5(1), 57-70.
Muniriyanto & Suharnan. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 156-164. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.380
Muslifar, R. (2017). Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Perilaku Sosial Siswa. Proceedings Jambore Konselor, 3(1), 62-65.
Purwaningsih, E. (2015). Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1699-1715.
Putri, C. P. R. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner (Studi Kasus: PT. XYZ). Semarang: Universitas Diponegoro.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 47-51. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Rosana, E. (2015). Modernisasi dalam Perspektif Perubahan Sosial. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 10(1), 67-82.
Safitri, R. N., & Warsono. (2020). Pengaruh Nilai Toleransi Keluarga dan Tingkat Pendidikan Ibu terhadap Karakter Toleransi Anak. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(3), 947-961. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p947-961
Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15-26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059
Sihotang, H., & Kandola, A. (2013). Pengaruh Suasana Rumah Tempat Tinggal dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN DKI Jakarta. Jurnal Dinamika Pendidikan, 6(3), 136-147.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331-354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Ummairoh, L., & Anjar, A. (2019). Membentuk Sikap Toleransi Anak melalui Peran Orang Tua di Dusun Sidodadi B Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019. Civitas: Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic, 2(1), 20-28.
Wahyudiyono. (2019). Implikasi Penggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 63-68. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487
Wigaksono, T., & Winingsih, E. (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Sikap Toleransi dan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal BK UNESA, 11(2), 240-245.
Wyrwoll. C. (2014). Social Media: Fundamentals, Models, and Ranking of User-Generated Content. New York: Springer.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v9i3p287-294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats