Budaya Sekolah: Sebuah Strategi Baru dalam Pembentukan Karakter Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adit, A. (2020). Kemendikbud: Ini 3 Aspek Membentuk Karakter Seseorang dan Upayanya. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/16/074951971/kemendikbud-ini-3-aspek-membentuk-karakter-seseorang-dan-upayanya?page=all
Afifullah Nizary, M., & Hamami, T. (2020). Budaya Sekolah. At-Tafkir, 13(2), 161–172. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1630
Aminudin, M. (2022). Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Bertambah Jadi 134 Orang. Detikcom. https://news.detik.com/berita/d-6360609/korban-meninggal-tragedi-kanjuruhan-bertambah-jadi-134-orang
Aninsi, N. (2021). 10 Daftar Konflik Sosial di Indonesia. Kata Data. https://katadata.co.id/intan/berita/61b8c94075b19/10-daftar-konflik-sosial-di-indonesia
Auliya’ilhaq, M. M. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SD AL-FALAH ASSALAM TROPODO SIDOARJO. In UIN Sunan Ampel (Vol. 66). https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf
Ayu; Suwanda. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 6 MOJOKERTO MELALUI KEGIATAN UPACARA BENDERA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 148–164.
Bahtiar, R. S. (2016). Upacara Bendera Berbasis Karakter Dalam Pengembangan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar [Universitas Wijaya Kusuma Surabaya]. https://erepository.uwks.ac.id/243/
Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Literasi, 4(1), 42–51.
Elfia, M. (2022). Marjanis: 18 Nilai Pendidikan Karakter, Bekal Hidup Lebih Baik. Adminvethriarahmi. https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/64919/marjanis-18-nilai-pendidikan-karakter-bekal-hidup-lebih-baik
Faiqoh, Wulandari, N., & Hidayah, N. (2021). Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Terhadap Pendidikan Karakter di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding Dan Web Seminar “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0,” 415–423.
Farida, S. D. (2008). Pengaruh Pemanfaatan Museum Wasaka Sebagai Sumber Belajar Ips Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Siswa. 3, 103–111.
Farisa, F. C. (2022). Ferdy Sambo Minta Dibebaskan dari Kasus Brigadir J, Pakar: Semua Terdakwa Pasti Berkilah. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/10/21/17500031/ferdy-sambo-minta-dibebaskan-dari-kasus-brigadir-j-pakar--semua-terdakwa
Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 131–145. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831.
Harahap, R. D. S., Murdiono, M., & Siagian, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Upaya Penguatan Karakter Demokratis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, 7(2), 489-497
Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Indonesian Ministry of Education and Culture, 1–10. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132%0Acerdasberkarakter.kemendikbud.go.id
Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F. (2021). Penguatan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SMA Se-Malang Raya. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 61–70.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34-40.
Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367
Lubis, H. (2016). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Berkelanjutan Pada Anak Di SEkolah. TAZKIYA, 5(2), 31–48. http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf
Lutfiana, R. F., Mey R, A. A., & Handayani, T. (2021). Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 174–183. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.35499
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27
Mikrefin, N. (2022). Skor Indeks Persepsi Korupsi RI 38, di Bawah Angka Rata-rata Global. Kata Data. https://katadata.co.id/yuliawati/berita/61efb424a672f/skor-indeks-persepsi-korupsi-ri-38-di-bawah-angka-rata-rata-global
Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa Menurun: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi
Mustofa, E. (2018). LIMA BUDAYA SEKOLAH PEMBENTUK KARAKTER. Rumah Belaja Pena. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/lima-budaya-sekolah-pembentuk-karakter/
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7(1), 38–49.
Ol. (2022). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2021 Masih Jauh dari Skor Rata-Rata Global. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/468099/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-2021-masih-jauh-dari-skor-rata-rata-global
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Prabowo, Y. (2022). Pakar jabarkan 3 penyebab Tragedi Kanjuruhan: kekerasan polisi, komunikasi buruk, dan pengaturan stadion yang tidak memadai. Theconversation.Com. https://theconversation.com/pakar-jabarkan-3-penyebab-tragedi-kanjuruhan-kekerasan-polisi-komunikasi-buruk-dan-pengaturan-stadion-yang-tidak-memadai-191779
Rahma, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 63–74.
Ridwansah, D. (2022). Fenomena Kenakalan Remaja Berujung Kriminalitas. Jawapost.Com. https://www.jawapos.com/jabodetabek/12/03/2022/fenomena-kenakalan-remaja-berujung-kriminalitas/
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 122–123.
Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87
Sari, M. kartika, Suyanti, & Budyartati, S. (2020). Pembinaan Kultur Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Di SD Manisrejo 1 Madiun. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 186–194. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4344
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Sudipta, I. N. A. (2022). Prenatal Education Dasar Pembentukan Karakter Anak. Phdi.or.Id. https://phdi.or.id/artikel.php?id=prenatal-education-dasar-pembentukan-karakter-anak
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, R&D dan Penelitian Terapan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Supardi. (2015). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Raja Grafinda Persada.
Supriyanto, A. (2020). Model Pengembangan
Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi
Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Wibowo, E. A. (2022). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2021 Peringkat 96 dari 180 Negara. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1553924/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-2021-peringkat-96-dari-180-negara
Zafi, A. A. (2018). Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan dalam Pembentukan Karakter). L-Ghazal, I(1), 1–16.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v8i1p12-19
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats