Pengembangan Literasi Pancasila Pada Pembelajaran Materi Norma dalam Kehidupan Masyarakat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi:Sebuah Jawaban atas Tantangan
Pendidikan Abad 21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT. Refika
Aditama.
Aini, N., Ruslan, & Ely, R. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa
SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 68-77.
Ananda, A., & Indrawadi, J. (2015). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Kebangsaan dengan Model Insert Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar Kota Padang-Sumatera Barat. Padang: Universitas Negeri Padang.
Arif, D. B., Aulia, S. S., Supriyadi, & Asmorojati, A. W. (2019). Panduan Insersi PAK dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Gedung Merah Putih
KPK.
Benaziria. (2018). Pengembangkan Literasi Digital Pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11-20.
Driyarkara, N. (2006). Karya Lengkap Driyarkara:Esai-Esai Filsafat Pemikir yang Terlibat Penuh dalam Perjuangan Bangsanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hadiansyah, F., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1-9.
Herman. (2017). Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas VIII SMP Pancasila Palangka Raya. Jurnal Socius:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pendidikan Ilmu Sosial, 6(1), 1-15.
Iriantara, Y. (2009). Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kaelan. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta:Paradigma.
Kemendikbudristek. (2022). Lokasi Implementasi Kurikulum Merdeka di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota. Diakses dari https://kurikulum-demo.simpkb.id/.
Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University.
Kurnia, H., Bowo, A. N. A., & Nuryati. (2021). Model Perencanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Literasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 733-740.
Kusman, S. (2011). Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.
Laksono, K., dkk. (2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Lickona, T., Wahyudin, U., & Suryani. (1991). Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lidi, M. W., & Ningsih. (2018). Lima Menit Kegiatan Pendahuluan yang Bermakna (Kajian Motivasi). Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Senpika). Flores: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores.
Lukitoaji, B. D. (2018). Membangun Literasi Pancasila untuk Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional PGSD, Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Maryana, N. (2020). Strategi “S-M-A-R-T” dalam Pengelolaan Literasi Madrasah Menuju Good Practice School di MTs Pesantren Terpadu Al Fauzan. Madaris:Jurnal Guru Inovatif, 1(1):70-83.
Maulia, S. T. (2011). Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Reformasi, Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81.
Muttaqin, Z., & Wahyun. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 27-35.
Nur, M. (2008). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.
Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 122-127.
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi Literasi Budaya dan
Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial di Indonesia.
Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbud. (2019). Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum
dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud.
Resmini, W., Sakban, A., & Fitriyani. (2020). Pembelajaran Literasi Civic Education untuk Menanamkan Nilai Moral Siswa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian- PengabdianPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 23-29.
Rohaeti, E. (2018). Komponen Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusniani, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.
Saidi, M. R., Supriyono, Al-Atok, A. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegaraan terhadap Tingkat Ketahanan Pribadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 119- 128.
Sapriya, D., & Hidayah, Y. (2021). Transformasi Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ibtida, 2(01), 10- 20.
Saragih, D. K. (2021). Hubungan Literasi Pancasila dalam Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 46-52.
Situmorang, R. P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1), 49-56.
Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology:Theory and Practice. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.
Subadriyah, T., & Joharman. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Literasi dalam Peningkatan Membaca Kalimat dengan Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendekia, 4(6), 1-5.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhardi, D., dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukowiyono. (2018). Reaktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Malang: Universitas Wisnu Wardhana Malang.
Supriyanto, A. (2020). Model Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 17-23.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155-167.
Tangu, Y. Y., Supeni, S., & Yusuf. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Norma dan Keadilan Pada PPKn Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Surakarta. Jurnal Global Civic, 9(2), 103-119.
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik di dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188-198.
Wiedarti, P., dkk. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v9i3p247-256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats