Pengembangan Literasi Pancasila Pada Pembelajaran Materi Norma dalam Kehidupan Masyarakat

Mahmud Mahmud, Siti Awaliyah, Edi Suhartono

Abstract


This study aims to develop and test the feasibility, practicality, and effectiveness of Pancasila literacy in Pancasila and Citizenship Education learning. This study used the Borg and Ball research and development method. The resulting product is Pancasila literacy in Pancasila and Citizenship Education learning on norms in community life that are feasible, practical, and effective. The product feasibility test is based on the results of Pancasila literacy expert validation of 91.76 percent, material validation of 94.12 percent, and learning expert validation of 92.31 percent. The practicality test is based on the results of teacher responses to small group trials of 91.67 percent and large group trials of the first meeting of 91.67 percent and the second meeting of 95.00 percent. The level of practicality is also obtained from the results of student response questionnaires in small group trials of 90.21 percent and large group trials of the first meeting of 90.21 percent and the second meeting of 91.18 percent. The effectiveness test is based on the results of the first meeting survey of 87.14 percent increasing to 91.69 percent, while in the second meeting of 91.69 percent increasing to 93.23 percent. These results indicate that there has been an increase in Pancasila literacy from students.

Keywords


Literasi Pancasila; Pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi:Sebuah Jawaban atas Tantangan

Pendidikan Abad 21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT. Refika

Aditama.

Aini, N., Ruslan, & Ely, R. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa

SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 68-77.

Ananda, A., & Indrawadi, J. (2015). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Kebangsaan dengan Model Insert Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Sekolah Dasar Kota Padang-Sumatera Barat. Padang: Universitas Negeri Padang.

Arif, D. B., Aulia, S. S., Supriyadi, & Asmorojati, A. W. (2019). Panduan Insersi PAK dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Gedung Merah Putih

KPK.

Benaziria. (2018). Pengembangkan Literasi Digital Pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11-20.

Driyarkara, N. (2006). Karya Lengkap Driyarkara:Esai-Esai Filsafat Pemikir yang Terlibat Penuh dalam Perjuangan Bangsanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadiansyah, F., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1-9.

Herman. (2017). Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas VIII SMP Pancasila Palangka Raya. Jurnal Socius:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pendidikan Ilmu Sosial, 6(1), 1-15.

Iriantara, Y. (2009). Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kaelan. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta:Paradigma.

Kemendikbudristek. (2022). Lokasi Implementasi Kurikulum Merdeka di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota. Diakses dari https://kurikulum-demo.simpkb.id/.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University.

Kurnia, H., Bowo, A. N. A., & Nuryati. (2021). Model Perencanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Literasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 733-740.

Kusman, S. (2011). Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.

Laksono, K., dkk. (2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Lickona, T., Wahyudin, U., & Suryani. (1991). Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Lidi, M. W., & Ningsih. (2018). Lima Menit Kegiatan Pendahuluan yang Bermakna (Kajian Motivasi). Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Senpika). Flores: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores.

Lukitoaji, B. D. (2018). Membangun Literasi Pancasila untuk Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional PGSD, Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Maryana, N. (2020). Strategi “S-M-A-R-T” dalam Pengelolaan Literasi Madrasah Menuju Good Practice School di MTs Pesantren Terpadu Al Fauzan. Madaris:Jurnal Guru Inovatif, 1(1):70-83.

Maulia, S. T. (2011). Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Reformasi, Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81.

Muttaqin, Z., & Wahyun. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 27-35.

Nur, M. (2008). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.

Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 122-127.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi Literasi Budaya dan

Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial di Indonesia.

Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbud. (2019). Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum

dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud.

Resmini, W., Sakban, A., & Fitriyani. (2020). Pembelajaran Literasi Civic Education untuk Menanamkan Nilai Moral Siswa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian- PengabdianPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 23-29.

Rohaeti, E. (2018). Komponen Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusniani, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.

Saidi, M. R., Supriyono, Al-Atok, A. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegaraan terhadap Tingkat Ketahanan Pribadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 119- 128.

Sapriya, D., & Hidayah, Y. (2021). Transformasi Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ibtida, 2(01), 10- 20.

Saragih, D. K. (2021). Hubungan Literasi Pancasila dalam Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 46-52.

Situmorang, R. P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1), 49-56.

Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology:Theory and Practice. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Subadriyah, T., & Joharman. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Literasi dalam Peningkatan Membaca Kalimat dengan Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendekia, 4(6), 1-5.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhardi, D., dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukowiyono. (2018). Reaktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Malang: Universitas Wisnu Wardhana Malang.

Supriyanto, A. (2020). Model Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 17-23.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155-167.

Tangu, Y. Y., Supeni, S., & Yusuf. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Norma dan Keadilan Pada PPKn Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Surakarta. Jurnal Global Civic, 9(2), 103-119.

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik di dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188-198.

Wiedarti, P., dkk. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v9i3p247-256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

google.pngipiii.pnggoogle.png

View My Stats