Implementasi Program Kolega Sejati dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Kota Bukittinggi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ali, H., & Rosadi, K.I. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Pemberdayaan Keberhasilan Pendidikan: Berfikir Sistem, Eksternal Pendidikan, Menggali Potensi Diri dalam Tradisi Kesisteman. Jurnal
Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 826-843. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.
Abdurrohman, M. C. (2022). Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 6 (1), 12-28. DOI: 10.37274/rais.v6i01.524.
Apriliyanti, dkk. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1), 1-8. DOI: https://doi.
org/10.31004/obsesi.v6i1.595.
Ayatullah, A. (2022). Peran Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan
Metode Imtaq. As-Sabiqun, 4(1), 66-85. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1660.
BKKBN. (2017). Penanaman Dan Penerapan Nilai Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga
Berencana Nasional.
Bryson, J. M. (2018). Strategic Planning For Public and Nonprofit Organizations: A Guide To Strengthening and Sustaining Organizational Achievement. John Wiley & Sons.
Dinas P3APPKB. (2018). Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran
Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi Tahun 2018.
Dinas P3APPKB. (2018). Dokumen Storytelling Sekolah Keluarga Tahun 2018.
Dinas P3APPKB. (2019). Dokumen Storytelling Sekolah Keluarga Tahun 2019.
Dinas P3APPKB. (2019). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sekolah Keluarga Angkatan II Tahun 2019.
Dinas P3APPKB. (2019). Profil Gender dan Anak Kota Bukittinggi Tahun 2019.
Fang, Z., Barlow, J., & Zhang, C. (2022). Parenting Programs That Address Physical Abuse in Childhood for Families of Children with Developmental Disabilities in Mainland China: Systematic Review
and Meta-Regression. Trauma, Violence, & Abuse, 23(2), 457-475. DOI: https://doi. org/10.1177/1524838020915599.
Fitriani, S., (2021). Implementasi Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik di Kabupaten Kepahiang. Jurnal Governance
dan Administrasi Public, 5(2). 36-45. DOI: https://doi.org/10.31186/JGOAP.
Habsoh, S., Nasrudin, E., & Rosadi, A. (2021). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 8, Nomor 3, November 2023
Pelaksanaan Bimbingan Belajar oleh Orang Tua dalam Perkembangan Moral Spiritual Anak di Raudhatul Athfal. Jurnal El-Audi, 2(1), 20-36. DOI: https://doi.org/10.56223/elaudi.v2i1.23.
Harahap, E., dkk. (2022). Inovasi Kurikulum. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Julita, E., & Sofino, S. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Variatif dalam Pembelajaran Warga Belajar Paket C. Journal of lifelong learning, 5(1), 58-63. DOI: https://doi.org/10.33369/joll.5.1.58-63.
Kartika, dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7 (1), 114-126. DOI: https://doi.
org/10.36667/jppi.v7i1.360.
Kartini, A., & Maulana, A. (2020). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(2), 231-253. DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i2.32.
Karwati, L. (2016). Prinsip Andragogi pada Performa Tutor Pendidikan Luar Sekolah, Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 1(1), 16-26. DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v1i1.125.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2021). Indeks Kualitas Keluarga Tahun 2020.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 267/Dikti/Kep/2000 : Tentang Penyempurnaan Kurikulum Inti Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
Keputusan Walikota Bukitiinggi Nomor: 188.45-107-2019 Tentang Pembentukan Tim Pembina Sekolah Keluarga di Kota Bukittinggi Tahun 2019-2021.
Koampa, S. I., Tulusan, F., & Mambo, R. (2022). Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Desa Kanonang Lima Kecamatan Kawangkoan Barat. Jurnal Administrasi Publik, 8(117), 23-29.
Lickona, T. (1991). Educating For Character, Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. (2013). Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Marsuki, R. (2022). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Discovery Terhadap Antusiasme Belajar Siswa di SDN 11 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. S2 Thesis, Universitas Negeri Makassar.
Muchtar dan Suryani. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran Atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 3 (2), 50-57. DOI: https://doi. org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.
Ngambut, K., Takesan, M. J., Resi, E. M., et al. (2022). Pelatihan Strategi Perubahan Perilaku Cuci Tangan dengan Sabun Metode “RANAS” bagi Tenaga Kesehatan di Kabupaten Belu dan TTU NTT. Lopo
Alekot, 1(01), 1-5.
Nunes, C., De Roten, Y., El Ghaziri, N., et al. (2021). Co‐Parenting Programs: A Systematic Review and Meta‐Analysis. Family relations, 70(3), 759-776. DOI : https://doi.org/10.1111/fare.12438.
Nuwita, M. S., Sulistiowati, R., & Meiliyana, M. (2021). Koordinasi Antar Stakeholder dalam Pengembangan Ekowisata Desa Sungai Langkah Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Administrativa:
Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik, 3(3), 267-280.
Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13-24. DOI: https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43.
Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden (Perpres) No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.
Rimardi, dkk. (2022). Implementasi Kebijakan Sistem 4 in 1 (Four-In-One) Kendaraan Roda Empat di Kawasan Pasteur. Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 251-256.
Rodrigo, M. J., Hidalgo, V., Bernedo, I. M., & Jiménez, L. (2022). Evaluation of Programmes Under The Positive Parenting Initiative in Spain: Introduction to The Special Issue. Educational Psychology.
DOI: https://doi.org/10.5093/psed2022a5.
Saputra, R. (2022). Implementasi Program Pendampingan Desa dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan. Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1223–1237. Retrieved from http://ulilalbabinstitute.
com/index.php/JIM/article/view/254.
Sembiring, N. B., Senduk, J. J., & Mulyono, H. (2019). Peranan Komunikasi Kesehatan di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang
(Studi Tentang Sosialisasi Germas oleh Dinas Kesehatan Manado). Acta Diurna Komunikasi, 8(1). 1-12.
Setiawati & Dewi. (2021). Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897-903. Retrieved from https://jptam.org/
index.php/jptam/article/view/1050.
Sholikhah, A. (2020). Peran Keluarga Sebagai Tempat Pertama Sosialisasi Budi Pekerti Jawa Bagi Anak dalam Mengantisipasi
Degradasi Nilai-Nilai Moral. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 15(1), 111-126. DOI: https://doi.org/https://doi. org/10.24090/yinyang.v15i1.3805.
Singh, B. (2019). Character Education in The 21st Century. Journal Of Social Studies (JSS), 15(1), 1-12. DOI: http://dx.doi.
org/10.21831/jss.v15i1.25226.
Suswadi, Wiyono, Aziez, A. F., dkk. (2022). Pelatihan Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) Upaya Pengembangan Padi Organik di Desa Glonggong Boyolali. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat,
(01), 31-39. DOI: https://doi.org/10.36728/ ganesha.v2i01.1766.
Sudarsono, A., & Rajab. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru
Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4 (2), 437-445. DOI: https://do i.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335.
Syahruddin. (2018). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Nusa Media.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference On Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1),
-113.
Yusnadi. (2010). Pendidikan Orang Dewasa. Medan: Unimed Press
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v8i3p211-224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats