Pengembangan E-Book Keindonesiaan Sebagai Resolusi Konflik Intergroup Relation pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Eli - Karliani

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, serta mengimplementasikan sekaligus merefleksi buku elektronik sebagai resolusi konflik intergroup relation antar siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Dick dan Carry dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berupa buku elektronik keindonesiaan yang layak dijadikan sebagai resolusi konflik intergroup relation antar siswa sekolah menengah pertama. Uji kelayakan produk didasarkan pada hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi yang masing-masing menghasilkan skor sebesar 4,2 dengan kriteria baik. Implementasi buku elektronik keindonesiaan kepada siswa dan guru terlaksana dengan baik karena fitur-fitur yang disajikan sangat mudah untuk dipahami. Hasil refleksi menunjukkan bahwa buku elektronik keindonesiaan dapat memberikan dampak positif bagi siswa khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara kontekstual dalam proses pemecahan masalah.

Keywords


nilai-nilai keindonesiaan, konflik intergroup relation, media pembelajaran elektronik

References


Andiani, A., & Al Habsy, B. (2021). Konseling Kelompok Behavior untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SMP. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 4(1), 17-29.

Angreini, D., Tajuddin, A., Purwanto, J., Munaing, & Aswar. (2023). Upaya Mencegah Perilaku Bullying dan Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-32. https://doi.org/10.58227/intisari.v1i1.31

Damanik, F. H. S. (2023). Mengembangkan Keterampilan Resolusi Konflik melalui Pembelajaran Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 983-992. https://doi.org/10.58230/27454312.350

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 55-66.

Emi, R., Syahrial, S., & Hardi, V. A. (2021). Hubungan Perilaku Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Indonesian Research Journal on Education, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.31004/irje.v1i1.1

Fairuz, F. J., & Rinaldi, R. (2021). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Bullying pada Siswa di SMP “X” Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 558-565. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.981

Isnaini, M., Sarwoprasodjo, S., Kinseng, R., & Kholil, N. (2018). Kajian Konflik antar Kelompok dalam Perspektif Komunikasi Konflik Selama Periode 2003-2017. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi, 20(2), 153-168.

Juditha, C. (2015). Stereotip dan Prasangka dalam Konflik Etnis Tionghoa dan Bugis Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 87-104.

Karliani, E. (2011). Pembinaan Masyarakat Multikultural dalam Meningkatkan Integrasi Bangsa (Studi Kasus Hubungan antar Etnik di Kota Palangka Raya). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 24(2), 1-12.

Karliani, E., Triyani, Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 116-122. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.414

Larasati, D. A. (2022). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 139-148.

Latif, Y. (2014). Pasang-Surut Komitmen Kebangsaan. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi dan Perubahan Sosial, 1(1), 50-59. https://doi.org/10.33258/konfrontasi2.v3i1.68

Lesmana, D. M., Afifuddin, M., Adriyanto, A., & Sutanto, R. (2023). Resolusi Konflik sebagai Upaya Penyelesaian Konflik Sosial di Maluku. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1017-1030.

Liliweri, A. (2005). Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: LKIS.

Nababan, K. F., & Ahmad, S. (2024). Fungsi Pancasila sebagai Benteng Keberagaman Negara Kesatuan Republik Indonesia. Birokrasi: Jurnal Ilmu Hukum dan Tata Negara, 2(2), 232-241. https://doi.org/10.55606/birokrasi.v2i2.1187

Nurhayani, Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Barella, Y. (2024). Aktivitas-Aktivitas & Penyelesaian Konflik Internal Kekaryawanan. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 1-10.

https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i3.2953

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237-246.

Raya, M. K. F. (2016). Resolusi Konflik dalam Institusi Pendidikan Islam (Kajian Empirik dan Potensi Riset Resolusi Konflik). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), 71-85. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i1.38

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301.

Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 116. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5315.

Republik Indonesia. (2019). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 148. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6374.

Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.

Republik Indonesia. (2020). Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 10.

Ruslikan. (2001). Konflik Dayak Madura di Kalimantan Tengah: Melacak Akar Masalah dan Tawaran Solusi. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 14(4), 1-12.

Sekarsari, P., Sukriono, D., & Dayati, U. (2023). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Quantum Teaching Berbantuan Augmented Reality Materi Keberagaman sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 71-81.

Siswojo, D. N., Oroh, W. M., & Pondaag, F. A. (2022). Hubungan Kejadian Bullying dengan Kemampuan Interaksi Sosial pada Remaja di Kelurahan Kleak Lingkungan I Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 10(1), 8-15. https://doi.org/10.35790/jkp.v10i1.36304

Soekanto, S. (2000). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sulistiawati, Y., et al. (2023). Saung Moderasi dalam Membangun Komitmen Kebangsaan dan Toleransi pada Lembaga Pendidikan di Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 90-102. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i4.341

Sumardjo, Riyanto, S., Saleh, A., Dahri, & Firmansyah, A. (2014). Tipologi Konflik Berbasis Sumber Daya Pangan di Wilayah Perkebunan Sawit. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 19(3), 189-196.

Sumardjo, Syarief, R., & Kriswantriyono, A. (2010). Pengembangan Model Pengelolaan Konflik di Masyarakat Sekitar Tambang dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Energi: Kasus Tambang Emas di Jawa Barat dan Tambang Batubara di Kalimantan Selatan. Bogor: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor.

Suwarni, F. V., & Atasoge, A. D. (2021). Komitmen Kebangsaan Mahasiswa STP Reinha melalui Ritual Keagamaan dalam Spirit AYD 2017. Jurnal Reinha, 12(2), 22-31. https://doi.org/10.56358/ejr.v12i2.82

Syarnubi. (2016). Manajemen Konflik dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-Suka Yogyakarta. Tadrib, 2(1), 151-178.

https://doi.org/https://doi.org/10.19109/tadrib.v2i1.1166

Utami, A., Astuti, P., & Turtiantoro. (2014). Resolusi Konflik antar Etnis Kabupaten Lampung Selatan (Studi Kasus: Konflik Suku Bali Desa Balinuraga dan Suku Lampung Desa Agom Kabupaten Lampung Selatan). Journal of Politic and Government Studies, 3(2), 126-135.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v9i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats