Model Pengembangan Digital Citizenshiip Pada Pembelajaran PKn

Sri Rumiati, Sri Rahayu Pudjiastuti, Aim Abdul Karim, Cecep Darmawan, Susan Fitriasari

Abstract


This study aims to describe the role of civics learning based on digital citizenship development and the integration of digital citizenship models through civics learning. This study uses a qualitative approach with descriptive research type. The data collection technique uses the literature study method by reviewing various literature. The results of the study show that the role of civics learning based on digital citizenship development is as a strategy so that students have the qualities to be able to face the challenges of the times. The integration of the digital citizenship development model through civics learning is based on the behaviorist theory of operant conditioning, namely changes in student behavior caused by positive responses. The new concept of digital citizenship through civics learning must be implemented in the digital era so that teachers and students can use technology wisely and judiciously.

 


Keywords


Building student awareness, state defense, national resilience

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2021). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Meningkatkan Literasi Budaya Menyongsong Era Revolusi 4.0 di SMKN 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(01), 49-56.

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Refleksi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Metaedukasi, 1(1), 13-23.

Antoni, A. (2017). Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime) dalam Simak Online. Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah dan Masyarakat, 17(2), 261-274.

APJII. (2022). Penggunaan Internet di Indonesia Meningkat. Diakses dari https://apjii.or.id/

Armawi, A., & Wahidin, D. (2020). Optimalisasi Peran Internet dalam Mewujudkan Digital citizenship dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1),

-39.

Bailey, G., & Ribble, M. (2007). Digital citizenship in Schools. Washington, DC: International Society for Technology in Education.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Budimansyah, D., & Suryadi, K. (2008). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Cogan, J. (2014). Citizenship Education for The 21st Century: Setting the Context. London: Kogan Page Ltd.

Damanhuri, D., & Juwandi, R. (2020). Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Praktik Kewarganegaraan Digital sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Literasi Digital Warga Negara di Provinsi Banten. Untirta Civic Education Journal, 5(2), 134-148.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2), 116-123.

Fauzan, R., & Fitria. (2018). Digital Disruption in Students Behavioral Learning: Towards Industrial Revolution 4.0. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur, 04(2), 9-20.

Feriansyah. (2015). Warga Negara Digital sebagai Instrumen Menuju Warga Negara Global (Penelitian Grounded Theory tentang Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Praktik

Kewarganegaraan). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 1-7.

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Bahasa dan Sastra, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Graeff, E. (2018). Evaluating Civic Technology Design for Citizen Empowerment (Thesis published). Cambridge: Massachusetts

Institute of Technology.

Hamidah, H. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Forum Paedagogik, 11(1), 27-39.

Hidayah, Y. (2020). Pengembangan Model Belajar Keterlibatan (MBK) untuk Memperkuat Partisipasi Politik dan Civic Engagement Warga Negara Muda di Era Digital (Tesis diterbitkan). Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Hidayah, Y., Ulfah, N., & Suyitno. (2019). Analisis Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila dan Pendidikan

Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 22-33.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet:Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mendukung Penggunaan Media di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23-30.

Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273-290.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241-252.

Mardianto. (Mei 2018). Prasangka dan Ujaran Kebencian Siber: Peran Pola Komunikasi Daring dan Algoritma Media Sosial (Ruang Gema dan Gelembung Informasi). Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar

Nasional & Call Paper Psikologi Sosial, Padang: Universitas Negeri Padang.

Mossberger, K., Tolbert, C. J., & McNeal, R. S. (2007). Digital Citizenship: The Internet, Society, and Participation. Cambridge:

MIT Press.

Muchtarom, M., Pramanda, A. Y., & Hartanto, R. V. P. (2018). Penguatan Etika Digital pada Siswa untuk Menanggulangi Penyebaran Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial melalui Pendidikan Kewarganegaraan.

Paedagogia, 21(2), 142-157.

Nehe, U. (2021). Kewarganegaraan Digital dalam Pendidikan Situasi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1915-1921.

Nugraha, I. W., & Abidin, Z. (2013). Motivasi Kejahatan Repetitif Residivis di Lembaga Pemasyarakatan Pati. Jurnal Empati, 2(3), 159-173.

Nugraha, Y., Sapriya, Danial, E., & Rahmat. (2020). Kurikulum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Buana Ilmu, 5(1), 199-211.

Nurwardani, P., dkk. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pahlevi, F. (2014). Reaktualisasi Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Moral Bangsa Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 9(1), 21-44.

Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi dalam Memperkokoh Karakter Bangsa Indonesia. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65-82.

Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168-182.

Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Purwantiningsih, A., Riyanti, D., & Prasetyo, D. (2022). Digital citizenship in Indonesia:

Digital Literacy and Digital Politeness Using Social Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 628-637.

Ribble, M. S., Bailey, G. D., & Ross, T. W. (2004). Digital citizenship: Addressing Appropriate Technology Behavior. Learning & Leading with Technology, 32(1), 7-11.

Roza, P. (2020). Digital citizenship: Menyiapkan Generasi Milenial Menjadi Warga Negara Demokratis di Abad Digital. Jurnal Sosioteknologi, 19(2), 190-202.

Rumiati, S., Karim, A. A., Darmawan, C., Fitriasari, S., & Pudjiastuti, S. R. (Oktober 2022). Establishment of Student Character Through Citizens Ethics in The Digital Era. Artikel disajikan dalam Proceeding of International Conference on Education, Jakarta: STKIP Kusuma Negara.

Saidi, M. R., Supriyono, & Al-Atok, A. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegaraan terhadap Tingkat Ketahanan Pribadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 119-128.

Simatupang, E. (2021). Pembelajaran PKn Berbasis Digital untuk Memperkuat Karakter Demokratis Siswa Digital Native (Studi Kasus pada Kelas XI SMA Angkasa Bandung). Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Suardi, dkk. (2023). Pemberdayaan Guru dan Siswa melalui Literasi Digital Quick Response Code Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di SMA 11 Pangkep. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(1), 63-76.

Sudibyo, A. (2001). Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial.

Suripto, Fatmasari, R., & Purwantiningsih, A. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Dampaknya dalam Dunia Pendidikan. Makalah disajikan dalam Seminar Citizen Journalism dan

Keterbukaan Informasi Publik untuk Semua, Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-13.

Triastuti, R. (2017). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan bagi Upaya Pembinaan Kewarganegaraan Digital (Digital citizenship) melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah (Tesis diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Triastuti, R. (2019). Teachers and Technology: The Perspective of Digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 22-28.

Trieyasni. (22 Oktober 2020) Infografis: Hasutan Admin Medsos dan Demo Rusuh. Liputan6.com.

Trisiana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Inovasi Pengembangan di Era Media Digital dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Global Citizen, 17(1), 84-98.

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2008) Pendidikan Kewarganegaraan (Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani). Jakarta:

Penerbit Prenada Media Group.

Winatapura, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional.

Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15-36.

Winataputra, U., & Budimansyah, D. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan ajar, dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Yustanti, I., & Novita, D. (Januari 2019). Pemanfaatan E-Learning bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0. Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, Palembang:

Universitas PGRI Palembang.

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran BF Skinner tentang Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1),118-129.

Zook, C. (2019). What is Digital citizenship & How Do You Teach It?. Retrieved June 5, 2020, from https://www.aeseducation.

com/blog/what-is-digital-citizenship.

Zuriah, N. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 11-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v8i2p126-135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats