Analisis Potensi Puisi “Indonesia, Tumpah Darahku” Karya Muhammad Yamin (1928) Sebagai Sumber Belajar Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi dan potensi puisi “Indonesia, Tumpah Darahku” sebagai sumber belajar penguatan profil pelajar Pancasila. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data primer dalam kajian ini yaitu puisi karya Muhammad Yamin berjudul “Indonesia, Tumpah Darahku”, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan dalam kajian ini yaitu hermeneutik dengan membaca, menelaah, dan menafsirkan isi puisi secara langsung. Hasil kajian menunjukkan bahwa puisi berjudul “Indonesia, Tumpah Darahku” karya Muhammad Yamin Tahun 1928 memiliki pesan nasionalisme sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Pemanfaatan puisi “Indonesia, Tumpah Darahku” dalam pembelajaran telah memenuhi dimensi profil pelajar Pancasila sebagai penerapan Kurikulum Merdeka. Guru dan peserta didik dapat menginternalisasikan enam dimensi profil pelajar Pancasila meliputi bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif melalui puisi “Indonesia, Tumpah Darahku” dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adon, M. J., Mangisengi, A., Marianto, F., & Barak, A. (2022). Urgensi Studi Pancasila sebagai Kristalisasi Peradaban Bangsa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 588-599.
Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D., & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 107-115.
Amiruddin, Prasetia, I., Susilo, J., Sihite, M., Gultom, S. W., Manullang, J. M. R., & Barus, B. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mengembangkan Karakter Pancasila di SMPN 5 Satu Atap Kerajaan Pardomuan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 266-276.
Baskoro, L. R., Zulkifli, A., & Jamaludin, J. (2015). Muhammad Yamin: Penggagas Indonesia yang Dihujat dan Dipuja. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Bleicher, J. (2003). Hermeneutika Kontemporer. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Brata, I. B., & Wartha, I. B. N. (2017). Lahirnya Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia. Jurnal Santiaji Pendidikan, 7(1), 120-132.
Herkulana, H. (2018). Peran Muhammad Yamin dalam Meraih Kemerdekaan Indonesia. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Hunter, J. D. (2000). The Death of Character: Moral Education in an Age without Good or Evil. New York: Basic Books.
Ismawati, E. (2018). Nationalism in Indonesian Literature as Active Learning Material. International Journal of Active Learning, 3(1), 33-38.
Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: untuk Menjadi Guru yang Profesional. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khairiyah, U., Gusmaniarti, Asmara, B., Suryanti, Wiryanto, & Sulistyono. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 7(2), 172-178.
Laila, R. N., Assunniyah, N., Nugroho, N. S. A., Sari, R. G. P., Suwandi, S., & Setiyoningsih, T. (2022). Implementation of Pancasila Student Profile in the Merdeka Curriculum For High School in Sragen Regency. Al Hikmah: Journal of Education, 3(1), 135-148.
Mahayana, M. S. (2014). Muhammad Yamin: Indonesia dalam Imajinasi. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Mustamar, S. (2020). Menjelajah Genealogi Puisi Indonesia dari Masa Balai Pustaka Sampai Era Digital. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar, Jember: Universitas Negeri Jember.
Nailufar, U. E. (2015). Kontribusi Pemikiran Mr. Muhammad Yamin terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Pemuda di Indonesia. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316.
Palmer, R. E. (2003). Hermeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pebrimireni, D. (2022). Analisis Struktur Persajakan Pada Puisi “Bahasa, Bangsa” Karya Mohammad Yamin. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(3), 31-40.
Primahendra, R., Sumbogo, T. A., Lensun, R. A., & Sugiyanto. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Komitmen Generasi Z terhadap Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 167-177.
Redaksi Tempo. (2022). Seri Tempo: Muhammad Yamin, Penggagas Indonesia yang Dihujat dan Dipuji. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Sari, L. Y., & Listyaningsih, L. (2023). Strategi Guru dalam Penanaman Karakter Gotong Royong pada Generasi Z di SMA Negeri 22 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30335-30345.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. (1998). Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Jakarta: Koperasi Pegawai Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Sitorus, F. R., Waruru, K. K., Salim, & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 328-334.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47-55.
Susilowati, D., & Qur’ani, H. B. (2021). Analisis Puisi “Tanah Air” Karya Muhammad Yamin dengan Pendekatan Struktural. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(1), 38-48.
Tröhler, D. (2020). National Literacies, or Modern Education and The Art of Fabricating National Minds. Journal of Curriculum Studies, 52(5), 620-635.
Utama, R. P. (2020). Kebudayaan Nasional dan Kesadaran Nasional: Analisis Pemikiran Sanusi Pane. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya, 1(2), 58-66.
Wahyuni, S., & Ramadan, Z. H. (2023). Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4), 2200-2205.
Wasono, S. (2004). Ide Kebangsaan dalam Puisi Antara Sajak-Sajak M. Yamin dan Sejumlah Sajak Karya Penyair Malaysia. Wacana: Journal of the Humanities of Indonesia, 6(2), 146-160.
Wijayanti, D. N., & Muthali'in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172-184.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v9i2p112-121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats