Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Ghofur, M. (2018). Preferensi Sumber Belajar Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 105–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1. p105-114
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XII, 216–231.
Alfiandra, D.P & Sani, S. (2018). Implementasi Model Kontroversial Issue dalam Mata Kuliah Pendidikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/ jc.v15i1.17281
Arif, D. B. (2015). Kontribusi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Pengembangan Karakter Bangsa: Prospek dan Tantangan di Tengah Masyarakat yang Multikultural. Didaktika, 151, 10–17. https://doi. org/10.1145/3132847.3132886
Balistreri, S., Tony, F., Giacomo, D., Noisette, I., & Ptak, T. (2012). Global Education: Connections, Concepts, and Careers. ReseaRch In RevIew, 4. https://doi.org/10.1364/OE.18.004564
Bapna, A., et al (2017). Handbook on Measuring 21st Century Skills. December. https://doi.org/10.13140/ RG.2.2.10020.99203
Carstensen, T., Ødegaard, N. B., & Bonsaksen, T. (2018). Approaches to studying: Associations with learning conceptions and preferences for teaching. Cogent Education, 5(1), 1–11. https://doi.or g/10.1080/2331186X.2018.1480909
Hanurawan, F. (2007). Sikap Mahasiswa Terhadap Penggunaan Diskusi IsuIsu Kontroversial. 135–141.
Hidayah, Y., Ulfah ,N., & Suyitno. (2019). Analisis Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 22–33.
Fahri., H.A., et al (2016). Menggagas Kebangkitan Indonesia Mahasiswa (Issue November). BEM Universitas Airlangga.
IMHE. (2012). IMHE Institutional Management in Higher Education An IMHE Guide for Higher Education Institutions. September, 54.
Kaelan., & Zubaidi, A. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Paradigma.
Le Roux, D. B., & Parry, D. A. (2017). A new generation of students: Digital media in academic contexts. Communications in Computer and Information Science, 730, 19–36. https://doi.org/10.1007/978-3-31969670-6_2
Lebeničnik, M. et al. (2015). Use of Online Learning Resources in the Development of Learning Environments at the Intersection of Formal and Informal Learning: The Student as Autonomous Designer. C e p s Journal, 5, 95–113.
Lioyd, B. (2010). Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 4(2), 0–16. https://doi. org/10.20429/ijsotl.2010.040209
Miles,M.B, Huberman,A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (Edition 3.). UI-Press.
Mujahidin, Khairul, Z. (2014). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Universitas Islam Negeri Mulana Malik. Modernisasi, 10(2), 97–109.
National Education Association (NEA). (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society Great Public Schools for Every Student: An Educator’s Guide to the Four C’s. 1–38.
Nesje, K., & Ruud, E. (n.d.). Learning And Teaching With Technology – A Systematic Review.
Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/ JC.V15I1.16875
Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi. org/10.21154/ibriez.v2i1.26
Paramitta, A., & Kristiana, L. (2013). Focus Group Discussion Tehnique in Qualitative Research. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(No.2 April 2013), 117–127.
Prasetyo, A., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan : usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia. 14.
Rasmawan, R. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dan Korelasinya dengan Indeks Prestasi Akademik. Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 2(2), J. Kim. dan Pendidik.
Russo, T. J., Fallon, M. A., Acevedo, V. C., & Zhang, J. (2014). Today ’ s University Students and Their Need to Connect. Brock Education, 23(2), 84–96.
Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Penyelesaian Masalah Lingkungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi melalui Penyelesaian Masalah Lingkungan Critical Thinking Ability of Biology Education Students through S. BIOEDUKSI:Jurnal Pendidikan Biologi, 11(January). https://doi. org/10.20961/bioedukasi-uns. v11i1.19738
Saputra, E. (2015). Peranan Metode Diskusi Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Edi Saputra. Tingkap, XI(1).
Somantri, M. N. (2001). Menggagas pembaharuan Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sunarto, & Suhardiyanto, A. (2013). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Umum ( MKU ) Di Universitas Negeri Semarang. 30, 73–86.
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi 1. Jurnal Derivat, 3, 40–58.
Suroto. (2016). Dinamika Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Memperkuat Karakter Unggul Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(Nomor 2 Nopember 2016), 1040– 1046.
Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.25273/citizenship. v6i1.1880
The Open University. (2008). Skills for OU Study Thinking Critically. Thanet Press. Vasilovsky Alexander. (2011). Getting Students to Think Critically. 1–4.
Winarsih, R & Sulistyowati, E. (2016). Penerapan pendekatan saintifik dalam mata kuliah umum (mku) bahasa indonesia untuk menumbuhkan budaya menulis mahasiswa ikip pgri madiun 1,2) (Vol. 04, Issue 3).
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v4i2p275-281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats