TEKNIK MENIRU MODEL KLOMPEN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KALIGRAFI DACEM PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 5 SDLB

Anis Pudji Sahrini

Abstract


This study consists of two cycles, they are: the using of the technique of imitating klompen model. Each cycle consists of four steps: (1) arranging action planning, (2) doing the action, (3) observing, (4) reflecting. Instruments used in the study are observation sheets and action test. Data analysis is done using the method of descriptive qualitative. The steps of the technique of imitating klompen model are: (1) students imitate the arabic letter model, (2) students classify the materials based on their colors, forms, textures, (3) students arrange the steps: presenting the materials from the smallest to the biggest, from the brightest color to the darkest.The result of the study is that on cycle 1, the students still confused when creating the dacem calligraphy using the technique of imitating klompen model.Their arrangement of pine leaves was not perfect yet. The calligraphy was not perfect, too. They still need to be developed.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Teknik Meniru Model Klompen untuk Meningkatkan Kompetensi Kaligrafi Dacem pada Siswa Tunagrahita Kelas 5 SDLB“Putra Jaya” Kota Malang yang terdiri atas 2 siklus yaitu penggunaan teknik meniru model klompen. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) menyusun rencana tindakan, (2) melaksanakan tindakan, (3) melakukan observasi, (4) melakukan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan test perbuatan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif.Langkah-langkah teknik meniru model klompen adalah (1) siswa meniru model tulisan huruf Arab, (2) Pengelompokan bahan-bahan, warna, bentuk, tekstur masing-masing dari bahan, (3) Pengurutan sesuai langkah-langkah yaitu menyajikan bahan-bahan dari yang terkecil sampai yang lebih besar, dari warna yang lebih terang sampai ke yang lebih gelap.Hasil penelitian pada siklus 1 aktifitas siswa masih mengalami kebingungan ketika membuat kaligrafi dacem dengan menggunakan teknik meniru model klompen, cara merangkai daun cemara masih belum sempurna, hasilnya kaligrafinya belum sempurna sehingga perlu ditingkatkan dan masih perlu pembenahan.


Keywords


teknik meniru model klompen; kaligrafi dacem; siswa tunagrahita

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i22014p120-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics