Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu

Rani Nirwanawati, Mohammad Efendi, Usep Kustiawan

Abstract


Hearing impairment student has limited vocabulary mastery. It causes problems in their learning which make them difficult in understanding or comprehending teacher’s explanation. The objective of this study is to describe the student’s vocabulary mastery before and after using picture word card media and also to analyze the effect of the use of picture word card media on the student’s vocabulary mastery with hearing impairment in the fourth grade. This study is a Single Subject Research (SSR) with A-B-A design. The data collecting were spoken test, written test, observation, documentation, and then they were analyzed by descriptive-statistic analysis. The result of this study showed that the use of picture word card media gave effect toward the student’s vocabulary mastery with hearing impairment in the fourth grade.

Siswa tunarungu seringkali sulit memahami materi pelajaran karena keterbatasan perbendaharaan kosakata yang dimiliki. Tujuan kegiatan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa sebelum dan setelah penggunaan media kartu-kata bergambar, serta menganalisis pengaruh dari penggunaan media terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 4 SDLB. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian subjek tunggal (SSR), desain A-B-A. Data dikumpulkan menggunakan tes lisan, tes tulis, observasi, dokumentasi dan diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata subjek.


Keywords


media kartu kata bergambar; penguasaan kosakata; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Birowati, K. (2009). Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar dengan Menerapkan Media Gambar Guna Membantu Perbendaharaan Kata bagi Siswa Tunarungu Wicara Kelas VII SLB ABC YKAB Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage.

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatis, S, N. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Media Kartu Kata Bergambar untuk Anak Tunarungu Kelompok B di TKLB Putra Jaya Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hikmayana, D. (2013). Meningkatkan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Ular Tangga. NOSI, 1(1), 38-42.

Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Muhayati. (2011). Penerapan Mind Mapping Melalui Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal pada Anak Kelompok B di TK ABA 24 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sadiman, A. S. (2005). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiorini, M. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II SDLB Tunarungu Kedungkandang Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Ulya, A. R. (2014). Model Induktif Kata-Bergambar (Picture-Word Inductive Model) Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1), 61-68.

Wardani, I. G. A. K. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widayati. (2011). Penggunaan Media Kartu Kata Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Kelompok B pada TK Angkasa I Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Widia, Y. A. (2013). Pemerolehan Kosakata Anak Tunarungu Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SDLB Karya Mulia II Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Skriptorium, 1(2), 129-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v2i22015p71-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics