STUDI EKSPLORASI PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK TUNARUNGU KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA
Abstract
This study aims to produce graphic media tested and can be used to improve the language skills of deaf children in the SDLB lower classes. Therefore, this study was conducted in two phases. Firstly, exploring and developing prototype of graphic media. Secondly, being experimental prototype of previously developed graphic media. Respondents of this study were SDLB low-grade teacher Malang, Blitar, Tulung Agung, Trenggalek , Pacitan, Madiun, Nganjuk, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Jember, Lamongan , Bojonegoro and Tuban. Based on the research results of the first step, a formed-textbook graphic media used to improve the language skills of deaf children so far is not in suitable with the characteristics of SDLB low-grade deaf children. As the result, it is suggested to developing a graphic material in the term of textbook that can be used as a medium to improve the language skills of deaf children of low grade and still refer to the applicable curriculum .
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media grafis yang teruji dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu kelas rendah di SDLB. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama melalui ekskplorasi dan pengembangan prototype media grafis, sedangkan tahap kedua mengeksperimenkan prototype media grafis yang dikembangkan sebelumnya. Responden penelitian ini adalah guru yang mengajar kelas rendah SDLB di wilayah Malang, Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, Pacitan, Madiun, Nganjuk, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Jember, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban. Berdasarkan hasil penelitian tahap pertama, media grafis dalam format buku ajar rujukan yang. digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu selama ini menurut mereka tidak sesuai dengan karakteristik anak tunarungu kelas rendah di SDLB. Atas dasar itulah disarankan perlu dikembangkan bahan pembelajaran grafis dalam format buku ajar yang dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu kelas rendah, serta tetap mengacu pada kurikulum yang berlaku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational
Research: An Introduction (4 th ed.).New York: Longman.
Cruickshank, W.M. 1980. Psychology of
Exceptional Children and Youth, Englewoood: Prentice Hall.
Depdikbud 1994. Kurikulum Pendidikan Luar
Biasa: Landasan, Program dan Pengembangan. Jakarta : Depdikbu.
Efendi, M. 2006. Penggunaan media ceritera
bergambar berbasis komunikasi total untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu kelas rendah di SDLB YPTB Malang. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
Efendi, M. 1996. Pendekatan Komunikasi
Total Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Anak Tunarungu. Tesis Pascasarjana IKIP Bandung (ttb).
Kemp, J. E. & Dayton 1985. Planning and
Producing Audio-Visual Material. New
York: Thomas Y. Crowell.
Moedjiono 1991. Pengantar Media Pendidi-
kan . Malang: Jurusan KTP FIP IKIP Malang
Rika 2006. Pengembangan Hidden card
Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas V di SDN Arjowinangun Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang
Sastrawinata, Emon 1979. Pendidikan Anak Tu-
narungu, Jakarta: Dikdasmen Depdikbud.
Somantri, T. S. 2006. Psikologi anak luar
biasa. Bandung : PT Refika Aditama.
Setyasari, P & Sihkabuden 2005. Media pem-
belajaran. Malang: Laboratorium TEP FIP UM
Tarigan, H.G. 1983. Menyimak: Suatu Ke-
trampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa
Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by: