PENGEMBANGAN PANDUAN PEMBUATAN POLA DASAR BUSANA WANITA UNTUK SISWA TUNARUNGU DI SMALB

Nur Riska Pangestuti,, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


The porpose of the research was to produce the printing material learning is guide book of women’s clothing basic pattern for hearing impairment in SMALB. The research use adapt the Sugiyono (2011) model which consists of 7 stages, include (1) potential problems, (2) data collection, (3) product design, (4) validation of the design, (5) design revisions, (6) product testing, and (7) the revision of the product. The results of matter experts is 70%, media experts is 93%, and practitioners (teachers) is 82%. The results of field trials obtained for student I assessment is 87,6 and student II is 80, for worthy criteria. The conclusion of this research is to get the product produced right (effective, efecience, and atractives) in practice by the hearing imparment students.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar cetak yaitu buku panduan pembuatan pola dasar busana wanita untuk siswa tunarungu SMALB. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Sugiyono (2011) yang terdiri atas 7 tahap, meliputi 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Hasil penilaian oleh para ahli yaitu ahli materi 70%, ahli media 93%, praktisi (guru) 82%. Hasil penilaian dari uji coba lapangan didapatkan penilaian 87,6 untuk siswa I dan 80 untuk siswa II dengan kriteria layak. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu produk yang dihasilkan mendapatkan hasil tepat (efektif, efisien, dan menarik) secara praktik oleh siswa tunarungu SMALB.


Keywords


Pengembangan Panduan; Pola Busana; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artikata.com. (Online), (http://artikata.com/arti-322580-buku.html), diakses 29 April 2014.

Efendi, M. 2008. Pengantar Psikopendagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Liando, J & Dapa, A. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Sistem Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Mangunsong, F, dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Somad, P & Hernawati, T. 1996. Ortopedagogik

Anak Tunarungu. Bandung: DEPDIKBUD DIKTI.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p55-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics