PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA
Abstract
The purpose of this study was to describe the results of mathematics learning mental retardation children before using approach Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), describe the results of mathematics learning mental retardation children after using approach Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), describes the effect of approach Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia to mathematics learning mental retardation children. The study included a quasi-experimental study (quasi experiment) with the same comparison subjects in different conditions. The research instrument is a test for the pretest and posttes. The analysis technique used is the hypothesis test using the Spearman Rank by SPSS 16.0 for Windows. Results reveal that the average student learning outcomes at the time of the pretest was 50.3, while the post-test was 86.4. The results obtained output sig. (2-tailed) of 0, 264. Indicates that sig. (2-tailed) ≤ α / 2. So it can be concluded that the approach of Realistic Mathematics Learning Indonesian affect children's math learning outcomes mental retardation.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunagrahita sebelum menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), serta menggambarkan hasil belajar matematika anak tunagrahita setelah menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), dan menjelaskan pengaruh pendekatan pembelajaran matematika Realistik Indonesia untuk belajar matematika anak tunagrahita. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi-eksperimental (eksperimen semu) dengan subjek perbandingan yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian adalah tes untuk pretest dan posttes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan Spearman Rank dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada saat pretest adalah 50,3, sedangkan post-test adalah 86,4. Hasil yang diperoleh keluaran sig. (2-tailed) 0, 264. Menunjukkan sig itu. (2-tailed) ≤ α / 2. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Matematika Belajar Indonesia mempengaruhi belajar matematika anak tunagrahita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Nyimas. 2008. Pengembangan Pembe-
lajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Mangunsong, Frieda. 1998. Psikologi dan Pen-
didikan Anak Luar Biasa. Jakarta:Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.
Sholekah, Herawati. 2009. Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Dengan Matematika Realistik Indonesia Kelas II SD 3 Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p62-66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa
Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by: