PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PADA TUNANETRA KELAS XI SMALB

Luberta Srirahajeng, Usep Kustiawan

Abstract


The restrictiveness of the abstract information acceptance causes the legally blind ability in multiple accounting tends to be blocked. The objective of this research is to know about the effect of the implementation of jarimatika method toward the ability of multiple accounting fot the legally blind student in SLB Pembina Lawang Malang. The A-B-A design model. The subject of the research is the 20-years-old legally blind student with intellectual disabilities in XI grade. The finding of this research shows the effect of the implementation of jarimatika method toward the legally blind student, stated with the overlapped percentage between baseline phase-1 to intervention phase in 0% and intervention phase to baseline phase-2 is 80%.

Pembatasan penerimaan informasi bagi anak tunanetra dinilai sangat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Jarimatika terhadap kemampuan berhitung matematika bagi anak hambatan penglihatan di SLB Pembina Lawang Malang.Desain yang dgunakan adalah model A- B-A. Subyek penelitian ini adalah anak hambatan penglihatan usia 20-tahun dengan cacat intelektual kelas XI. Temuan penelitian ini menunjukkan efek dari penerapan metode Jarimatika terhadap siswa hambatyan penglihatan, menyatakan dengan persentase tumpang tindih antara awal fase-1 fase intervensi 0% dan fase intervensi terhadap baseline fase-2 adalah 80%.


Keywords


tunanetra dengan intellectual disabilities; kemampuan berhitung perkalian; metode jarimatika perkalian

Full Text:

PDF

References


Barraga, N. C., dan Erin, J. N. 1992. Visual Handicaps and Learning. Austin:PROED.

Hadi, Purwaka. 2005. Kemandirian Anak Tunanetra. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Mason, Hrather. Dkk. 1997.Visual Impairment Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publisher.

Sunanto, Juang. Dkk. 2005. Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Depdiknas Dikti.

Sunanto, Juang. Dkk. 2005.Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal.Criced University of Tsukuba.

Tawney, James W., dan Gast, David L. 1984. Single Subject Research in Special Education. Columbus, OH:Merrill.

Tim Penyusun. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wulandari, Septi Peni. 2005. Jarimatika: Perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p89-95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics